Pemindahan Jalur DDT Jatinegara-Cakung Tak Berpengaruh Pada Perjalanan KRL

Kamis, 11 April 2019 - 14:13 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jalur dwi ganda atau Double-Double Track (DDT) segmen Jatinegara-Cakung akan beroperasi pada Jumat (12/4) esok. Namun sebelumnya akan dilakukan kegiatan pemindahan jalur (switchover) pada pukul 00.30 WIB malam nanti.

Adanya kegiatan switchover, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memastikan tidak ada pengaruh dengan perjalanan KRL Commuterline. Pasalnya pemindahan jalur akan dilakukan pada dini hari.

“Tidak ada pengaruh dengan KRL, karena pengerjaan diatas jam 00.00, sementara KRL terakhir yang lewat lokasi 00.20 WIB,” kata Humas PT KCI Ernie Sylvanie Purba, Kamis (11/4).

Nantinya, dengan beroperasinya DDT, maka ruas jalur kereta antara KA Jarak Jauh dan KRL Commuterline akan terpisah. Selain itu, jumlah perjalanan KRL diprediksi akan bertambah seiring lowongnya jalur kereta.

“Saat ini headtime kami 10-15 menit. Tentu dengan adanya itu masalah antrian tidak terjadi. Mungkin bisa kami pangkas dibawah 10 menit,” ucapnya.

Khusus untuk ruas Jakarta Kota-Bekasi yang melintas di Jatinegara-Cakung, saat ini mengakomodir 163 perjalanan dengan jumlah penumpang 162 ribu per hari. Jumlah itu mengakomodir 17,4 persen dari total penumpang sekitar 930 ribu-1,1 juta penumpang per harinya.

“Memang jumlahnya masih jauh di bawah bogor yang mencapai 60 persen dari jumlah perjalanan dan penumpang kereta,” ucapnya.

Mengenai soal rencana adanya jumlah perjalanan kereta dengan operasinya DDT, Ernie mengungkapkan pihaknya belum bisa memastikan hal itu. Sebab, perjalanan Commuter Line masih ditentukan Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) 2019. Proses Gapeka baru akan berakhir Mei 2019.

“Karenanya menentukan jumlah perjalanan ditentukan hasil Gapeka,” kata Anne.

Seperti diketahui DDT segmen Jatinegara-Cakung sepanjang 9,5 km sudah dapat dioperasikan. Dengan beroperasinya DDT segmen Jatinegara-Cakung, nantinya jalur ganda eksisting akan dioperasikan untuk melayani operasional KRL Commuterline Jabodetabek.

Sedangkan jalur ganda yang baru akan difungsikan untuk melayani pengoperasian KA jarak jauh dan KA lokal. Rencana switchover DDT segmen Jatinegara-Cakung ini, akan membawa dampak pada bertambahnya waktu perjalanan kereta api.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.