Pencanangan HUT ke-429 Jakarta Digelar di Kampung Akuarium

Kamis, 11 April 2019 - 08:50 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pada 22 Juni mendatang DKI Jakarta tepat berusia 492 tahun. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun telah menyiapkan berbagai acara sejak dini.

Dimulai dengan pencanangan HUT ke-429 tahun DKI Jakarta yang akan digelar pada 27 April mendatang. Kampung Akuarium, Kelurahan Penjaringan, Penjaringan, Jakarta Utara dipilih sebagai lokasi pencanangannya.

Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Utara Suroto mengatakan, pencanangan HUT ke-492 DKI Jakarta ini berdasar dari Keputusan Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara Nomor 132 Tahun 2019, yang ditetapkan pada 4 April 2019. Dipilihnya Kampung Akuarium sebagai lokasi acara merujuk tema global Provinsi DKI Jakarta, yakni ‘Wajah Baru Jakarta’.

“Dipilihnya Kampung Akuarium ini karena di sana sesuai dengan tema. Kampung itu telah bermetamorfosa dari semula kampung kumuh menjadi kampung yang tertata dengan dibangunnya shelter bagi pemukiman warga,” kata Suroto, saat ditemui di Kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu (10/4).

Dijelaskannya, acara tersebut akan diisi dengan berbagai acara. Seperti penanaman pohon, bazar, kesenian gambang kromong, drum band anak sekolah, dan lain sebagainya. Sejumlah unsur masyarakat dari 31 kelurahan di Jakarta Utara akan diundang dalam acara tersebut.

“Seluruh pejabat jajaran wali kota dari tingkat atas dan bawah akan hadir dalam acara ini. Termasuk dari unsur masyarakat,” jelasnya.

Sementara Lurah Penjaringan Depika Romadi menerangkan, Kampung Akuarium saat ini sudah jauh berubah ke arah yang lebih baik. Pemukiman shelterlebih rapi dengan nuansa penghijauan.

“Saat ini warga sedang gemar bercocok tanam dengan menanam sayuran, buah, dan obat. Beberapa kali hasilnya sudah dipanen seperti melon dan timun suri,” jelasnya.

Untuk persiapan pencanangan HUT ke-429 DKI Jakarta di lokasi itu, pihaknya sudah bekerjasama dengan Sudin Bina Marga Jakarta Utara untuk kembali mengaspal lapangan. Sehingga lapangan tidak lagi berdebu saat diisi ratusan tamu undangan.

“Paling nanti kami minta perbaikan jembatan penghubung antara Kampung Akuarium dan Luar Batang. Mengingat tanggul laut di lokasi itu sudah rampung dikerjakan,” tutupnya.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.