Poster Peserta Pemilu Terpaku di Pohon Menjamur di Sinjai

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SINJAI— Menjelang pelaksanaan pemilu 17 April mendatang, poster peserta pemilu kembali menjamur di mana-mana. Sayangnya, poster mereka terpaku di pohon.

Dari pantauan fajar.co.id, sejumlah ruas jalan dipenuhi poster yang terpaku di pohon. Seperti di samping kiri dan kanan rumah jabatan Bupati Sinjai, tepatnya jalan DR Hamka dan Adam Malik.

Selain itu, ada juga di jalan Persatuan Raya, jalan Jenderal Sudirman, jalan Andi Akbar, jalan Letjen Sukawati, jalan M Madin, dan sejumlah jalan lainnya.

Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Sinjai, Muh Darwis menyayangkan aksi ini.

Mestinya, peserta pemilu memberikan contoh dan edukasi yang baik kepada masyarakat. Bukan malah menjadi pihak yang melanggar. “Kalau pohon dipaku kesuburannya sudah terganggu, lambat laun pohon itu akan mati dengan sendirinya,” kata Darwis, Kamis (11/4/2019).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Arifuddin menyampaikan, aktivitas memaku pohon tidak dibenarkan. Bahkan telah diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sinjai terkait pekarangannya.

Namun dia mengaku tidak memiliki kewenangan dalam penindakan. Sebab itu ramah Satuan Polisi Pamong Praja.

“Silakan dilapor ke Satpol PP dan penyelenggara pemilu, karena jelas itu tidak dibenarkan, termasuk dalam undang-undang pemilu,” kuncinya. (sir)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment