Preview Arsenal vs Napoli: Ujian Si Jago Kandang

Kamis, 11 April 2019 - 14:38 WIB
Unai Emery memimpin latihan Arsenal ( Foto: Sky Sports)

FAJAR.CO.ID, LONDON—Kangkeran Emirates Stadium akan diuji wakil Italia, Napoli di leg pertama babak delapan besar Liga Europa, dinihari nanti. Status jago kandang mesti mereka jaga untuk menjaga peluang ke semifinal.

The Gunners, julukan Arsenal memang sangat tangguh ketika bermain di kandangnya tahun ini. Sejak Januari, mereka hanya kehilangan satu pertandingan, yakni kalah 1-3 dari Manchester United di Piala FA dimana saat itu Arsenal bermain dengan sebagian pemain pelapisnya.

Selebihnya, mereka memenangkan sembilan pertandingan lainnya di semua kompetisi. Termasuk dua kemenangan besar di fase knock out Liga Europa. Usai menggasak BATE Borisov tiga gol tanpa balas di babak 32 besar, mereka kemudian menekuk wakil Ligue 1 Prancis, Rennes dengan skor sama pada babak perdelapanfinal.

Makanya, terlepas bahwa mereka baru saja menelan kekalahan di markas Everton pada ajang Premier League, pasukan Unai Emery sangat percaya diri menyambut kunjungan Napoli. Menurut sang manajer, jika bermain seperti biasa dan mendapat dukungan suporter, mereka bisa mengalahkan Napoli.

“Secara umum kita baik. Saya tidak berpikir kami kalah (kontra Everton) karena kami sangat buruk. Kami sedang memikirkan pertandingan kami pada hari Kamis (Jumat). Kami harus konsisten di pertandingan berikutnya dan jika kami melakukannya kami bisa menang,” kata Emery di situs resmi Arsenal.

Kekhawatiran Emery hanya kondisi dua pilar; Laurent Koscielny dan Granit Xhaka. “Saya ingin menjadi positif untuk hari Kamis (Jumat) tetapi itu tergantung bagaimana dia (Koscielny)  berkembang. Xhaka sama. Mereka meragukan,” ujarnya.

Kendati demikian, pelatih asal Spanyol itu mengaku siap menyambut Napoli dengan pemain yang ada. Bagi dia, siapapun yang bermain, target mereka tetap memenangkan pertandingan ini agar bisa punya modal saat bertarung di Italia, pekan depan.

“Kami memiliki pemain dan kami tahu kami dapat menghasilkan kinerja dengan semua pemain. Kami telah memenangkan pertandingan dengan pemain lain, sistem lain, dan kami harus efisien setiap saat. Kita harus konsisten, tetapi kadang-kadang kita bisa kalah,” tandasnya.

Penjaga gawang Arsenal, Bernd Leno menambahkan, setelah kekalahan di Goodison Park, mereka harus bangkit. Karena itu, ia meminta rekan setimnya bermain lebih bagus dan mengantisipasi lawan yang bermain bertahan. “Kami harus bekerja lebih keras dan bermain dengan gaya kami,” kata Leno.

Seperti Arsenal, Napoli datang ke Inggris dengan bekal buruk menyusul hasil imbang kontra Genoa di San Paolo. Sorotan utama pelatih Carlo Ancelotti adalah keroposnya lini pertahanan anak asuhnya.

Karena itu, ia berharap sektor bek timnya lebih solid di London. “Kami saat ini bertahan dengan buruk. Itu adalah alarm, tentu saja, karena jika kita bermain seperti itu di London, maka kita dalam masalah,” tegas Ancelotti di Football London.

Ancelotti sendiri memastikan Napoli yang belum pernah menang di Inggris akan bermain terbuka. “Kami harus bertahan lebih baik dan itu berarti juga menyerang dengan lebih baik. Jika Anda ingin menyerang Arsenal, Anda juga harus bertahan dengan baik,” jelasnya.

Lorenzo Insigne yang baru kembali dari cedera mengharapkan laga sulit di Emirates.
“Saya berharap akan menghadapi tim Arsenal dengan kualitas sangat tinggi. Mereka memiliki tempo, intensitas, dan organisasi taktis. Kami memiliki dua pertandingan rumit untuk sampai di semifinal. Itu tidak mudah, tetapi kami tidak takut,” tegas Insigne di Football Espana.

Selain Insigne, Faouzi Ghoulam juga bisa bermain. Dengan demikian, hanya Amadou Diawara, Raul Albiol dan David Ospina yang akan absen. Di kubu tuan rumah, Sokratis Papastathopoulos kembali dari sanksi kartu merah. Arsenal dan Napoli telah bertemu dua kali sebelumnya di Eropa pada musim 2013-14 dimana mereka saling mengalahkan dengan skor 2-0. (amr)

Prakiraan Pemain

Arsenal (3-4-1-2): Leno; Mustafi, Sokratis, Monreal; Maitland-Niles, Ramsey, Guendouzi, Kolasinac; Iwobi; Aubameyang, Lacazette

Napoli (4-4-2): Meret; Hysaj, Maksimovic, Koulibaly, Mario Rui; Callejon, Fabian Ruiz, Allan, Zielinski; Insigne, Mertens

Head to head

12/12/13 Napoli 2-0 Arsenal

02/10/13 Arsenal 2-0 Napoli

Lima pertandingan terakhir Arsenal

07/04/19 Everton 1-0 Arsenal

02/04/19 Arsenal 2-0 Newcastle United

15/03/19 Arsenal 3-0 Rennes

10/03/19 Arsenal 2-0 Manchester United

08/03/19 Rennes 3-1 Arsenal

Lima pertandingan terakhir Napoli

08/04/19 Napoli 1-1 Genoa

04/04/19 Empoli 2-1 Napoli

31/03/19 AS Roma 1-4 Napoli

18/03/19 Napoli 4-2 Udinese

15/03/19 Salzburg 3-1 Napoli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *