Stok Bahan Pangan di Jateng Diklaim Masih Cukup hingga Lebaran

Kamis, 11 April 2019 - 20:46 WIB

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Stok bahan pangan untuk bulan puasa dan lebaran 2019 di Jateng dipastikan masih dalam kendali.Malahan, stok yang ada saat ini masih cukup sampai lima bulan ke depan.

Wakil Kepala Perum Bulog Divre Jateng Juaheni merinci, stok beras medium Bulog sampai sekarang mencapai 104 ribu ton, sedangkan yang premium 10,5 ribu ton. Untuk gula, masih 2 ribu ton dan minyak goreng 10,74 ton.

Kategori daging-dagingan, untuk ayam 0,10 ton dan kerbau 10,74 ton. Adapun kebutuhan lain berupa telur ayam sebanyak 9,9 ton dan bawang merah 26 ton.

“Cukup sekali untuk keperluan menjelang Ramadan, beras aman, baik premium maupun medium. Jadi kita cukup untuk keperluan Ramadan dan Lebaran. Selain beras kami juga ada produk lain yang siap digelontorkan, kita punya minyak, gula, tepung, daging siap untuk mensupport lebaran,” kata Juaheni, Kamis (11/4).

Penyerapan yang dilakukan Bulog Divre Jateng di sejumlah daerah, diakui Juhaeni, memang lagi bagus. Termasuk selama April 2019 ini. Sehingga, bisa diperoleh stok yang cukup sampai bahkan beberapa bulan setelah Ramadan.

Selain itu, guna mengantisipasi kenaikan sejumlah harga pangan yang biasa terjadi saat Ramadan, pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi agar tetap terkendali. Pihaknya, bakalan serius memantau pergerakan harga di pasaran dan akan menggelar operasi pasar ketika dibutuhkan.

“Antisipasi kenaikan harga tetap dilakukan, seperti operasi pasar supaya penjualan untuk segala bahan pangan tidak terjadi kenaikan siginifikan,” tandasnya.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.