Tiga Partai Lama Ini Tingkat Popularitas Masih Urutan Pertama

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jelang hari pencoblosan pada 17 April 2019, banyak lembaga survey mengeluarkan hasil survey mereka, dan rata mengunggulkan PDI Perjuangan dan Partai Gerindra sebagai pemenang Pemilu.

Alasan dua partai ini memenangkan Pemilu karena ada sosok Capres yang berasal dari Partai tersebut. Ada juga hasil survey yang menyebutkan tiga sampai empat partai lama tidak lolos dalam syarat parlemen.

Direktur ETOS Indonesia Institut Iskandarsyah menjelaskan, dari hasil survey yang dilakukan, PDI Perjuangan dan Partai Gerindra bersaing ketat untuk menjadi pemenang Pemilu 2019, karena ada sosok Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai Capres, tetapi untuk popularitas partai di tengah-tengah pemilih masih dikuasai oleh tiga partai lama, yakni Partai Golkar, PPP dan PDI Perjuangan.

“Partai-partai politik lama seperti Golkar, PPP dan PDI Perjuangan dikenal oleh 99% responden,” kata Iskandarsyah di Rumah Aspirasi, Jakarta, Kamis (11/4).

Dikatakan Iskandarsyah, selain tiga partai lama ini, Partai Demokrat juga menjadi partai favorit di masyarakat karena ada sosok ketua umumnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang menjadi orang nomor satu di bangsa ini selama 10 tahun.

“Pengecualian terjadi pada
Partai Demokrat yang juga dikenal oleh 99% responden, disebabkan oleh figur SBY dan masa 2 kali pemerintahannya. Gerindra dikenal oleh 96% responden,” jelasnya.

“Partai baru yang cukup cepat dikenal responden adalah Partai Perindo 81%, Berkarya 66% dan PSI 57%. Angka popularitas ketiga partai justru mengungguli tingkat popularitas partai terdahulu, seperti PBB 67% dan PKPI
53%. Sedangkan Partai Garuda hanya dikenal oleh 3% responden saja,” tutup Iskandarsyah. (RGR/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...