Tingkatkan Kemampuan Hadapi Bencana, Dinsos Latih 50 Tagana

Kamis, 11 April 2019 - 09:12 WIB

FAJAR.CO.ID, MAROS — Guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota taruna siaga bencana Kabupaten Maros dalam menghadapi bencana, sebanyak 50 orang Taruna Siaga Bencana (Tagana) dilatih dalam pelatihan peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM), Rabu, 10 April.

Kepala Dinas Sosial Maros, Kamaluddin Nur pelatihan peningkatan kapasitas Tagana ini bertujuan untuk meningkatkan kesiap siagaan terhadap bencana.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota taruna siaga bencana Kabupaten maros dalam menghadapi bencana. Baik dalam kondisi pra bencana maupun pasca bencana,” katanya.

Kegiatan ini kata dia, diikuti sekitar 50 peserta yang berasal dari perwakilan 14 kecamatan dan Kabupaten.

“Masing-masing kecamatan mengutusĀ  tiga orang anggotanya. Dan dari kabupaten delapan orang. Jadi totalnya 50 orang,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata dia, kegiatan ini berlangsung selama dua hari. “Hari pertama ini diisi teori yang dibawakan oleh narasumber dan instruktur dari Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Tagana Sulsel dan Basarnas Sulsel,” katanya.

Dia mengatakan pihaknya sengaja menggelar kegiatan ini selama dua hari. Dimana harĀ  selain mendapat pengetahuan atau teori dalam hal kebencanaan mereka juga dilatih dalam kegiatan outdoor.

“Setelah teori ada praktek langsungnya juga. Mereka dilatih bagaimana menghadapi kejadian bencana yang digelar di Kawasan Bantimurung Maros. Bahkan bukan hanya dilatih bagaimana dalam hal penyelamatan korban ketika ada bencana. Kita juga melatih bagaimana mereka membuat dapur umum ketika ada bencana. Karena itu juga penting saat terjadi bencana,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Maros mengharapkan agar pelayanan Tagana bisa lebih dimaksimalkan dalam mengatasi permasalahan dan persoalan-persoalan sosial. Khususnya dalam hal penanggulangan bencana di KabupatenĀ  Maros.

“Kita berharap setelah mengikuti kegiatan ini, kedepannya anggota tagana bisa lebih tanggap ketika terjadi bencana,” katanya. (rin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.