Bawaslu Sebut Pemilu di Malaysia Kategori Rawan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Beberapa hari menjelang hari pemungutan suara di Malaysia, publik tanah air dihebohkan. Ini karena surat suara ditemukan tercobolos di dua ruko di Selangor, Malaysia.

Anggota Bawaslu, Mochammad Afiffuddin mengatakan, memang pemilihan di luar negeri, tepatnya di Malaysia masuk dalam ketegori rawan. Mengingat surat suara sebagian besar dikirim via pos.

“Jadi memang kerawanan pemilih lewat pos lebih tinggi dibanding yang lain,” ujar Afif saat dihubungi, Jumat (12/4).

Afif menjelaskan, untuk surat suara di Malaysia rinciannya adalah, 319.293 dikirim melalui pos, kemudian 112.536 dikirim lewat kotak suara keliling, dan 127.044 orang memilih datang ke tempat pemungutan suara (TPS) di luar negeri.

“Jadi apakah surat suara itu sampai ke alamat yang bersangkutan, karena beberapa kejadian dulu belum tentu sampai. Tapi dikembalikan ke KBRI,” katanya.

Afif juga memastikan kejadian adanya penemuan surat suara tercoblos adalah benar. Namun Bawaslu belum bisa menyimpulkan lebih lanjut. Pasalnya Bawaslu belum mengetahui apakah surat suara tersebut resmi atau tidak.

“Jadi memang perlu memastikan surat suara tersebut memang benar-benar dicetak oleh KPU,” katanya.

Afif mengatakan, Bawaslu sedari awal memang terus melakukan pengawasan melekat terhadap pemilu yang dilakukan di Malaysia, sebelum pencobolosan sampai saat pencoblosan 14 April mendatang‎. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment