Berjerawat dan Panau, 942 Casis Polisi Gugur

Jumat, 12 April 2019 - 20:26 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Calon Siswa (Casis) Polda Sulsel berguguran di tes kesehatan pertama. Dari 4.839 Casis sudah gugur 942. Rata-rata panau dan jerawat penyebabnya.

Karo SDM Polda Sulsel, Kombes Pol Yahanes Ragil menjelaskan, sejak dilakukan tes pada 3 April lalu sudah ada ratusan yang berguguran sampai hari ini. “Sudah ada 942 casis yang gugur. Kalau penyebabnya gugur dokternya lebih paham,” katanya kepada FAJAR, Jumat (12/4/2019).

Dari pantauan FAJAR, tes kesehatan dilakukan di SPN Batua Polda Sulsel. Peserta yang mengikuti tes menggunakan baju putih, dan celana pendek putih. Sejak pagi sudah antre mengikuti tes di Auditorium Paramarta.

Kabid Dokkes Polda Sulsel, Kombes Pol dr R Harjuno menerangkan, banyaknya gugur di tes kesehatan ini karena kelainan fisik misalnya, kulit, gigi, komposisi tubuh, THT, mata. “Yang seperti itu mereka (peserta) tak diperhatikan,” sebutnya yang ditemui di SPN Batua.

Kata dia, untuk peserta yang gugur di tes kesehatan belum presentasekan secara persis jatuhnya di mana saja. Nanti di akhir baru semua dijumlah. Namun, banyak yang gugur karena jerawat dan panau. “Kalau angka saya belum hafal. Tapi itu yang mewarnai (jerawat dan panau). Ada juga kaki X dan kaki O juga banyak,” jelasnya.

Tes kesehatan kata dia dilakukan oleh dokter spesialis semua. Kalau pun ada dokter umum itu sifatnya pembinaan saja. Tesnya juga akan berlangsung sampai Minggu, 14 April khusus untuk bintara. “Kalau tes kesehatan Akpol dan Tamtama akan dilanjutkan setelah pemilu,” terang perwira berpangkat tiga bunga itu. (gun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.