HOTEL MUMBAI, Film Berkualitas dengan Ketegangan Tingkat Tinggi

0 Komentar

Oleh: Jeri Wongiyanto
Pecinta dan Pengamat Film

Diangkat dari kejadian nyata, film Hotel Mumbai menyuguhkan ketegangan nyaris di sepanjang durasinya.

Hotel Mumbai mengangkat serangan teroris yang terjadi di Mumbai, India, pada 2008. Sedikitnya 166 orang meninggal dalam tragedi tersebut. Film Hotel Mumbai sendiri dibuat berdasarkan dokumenter Surviving Mumbai.

Hotel Mumbai mengambil perspektif beberapa pihak yang terlibat di tragedi tersebut, seperti karyawan hotel, wisatawan dan pelaku teror. Dari pihak hotel, ada Arjun (Dev Patel) seorang ayah dan suami yang bekerja di hotel Taj Mahal Palace sebagai pelayan dan kepala chef Hemant Oberoi (Anupam Kher). Sementara dari sisi wisatawan, di antaranya ada David (Armie Hammer) dan istrinya yang orang lokal, Zahra (Nazanin Boniadi) serta Vasili (Jason Isaacs). Ada pula sekelompok teroris, di antaranya ada Imran (Amandeep Singh) dan Abdullah (Suhail Nayyar).

Saat teror pecah di suatu malam di Mumbai, sekelompok turis dan warga berlindung di Hotel Taj Mahal Palace. Apesnya, beberapa teroris menyusup di sana dan membunuh setiap orang yang mereka temui. Di saat sejumlah karyawan hotel memilih melarikan diri lewat pintu belakang, Arjun dan Hemant Oberoi memilih tinggal dan mencoba menyelamatkan tamu yang terjebak. David dan Zahra yang tengah bersantap malam, merasa panik karena saat teror berlangsung anaknya, Cameron berada di kamarnya bersama pengasuhnya, Sally. Siapa yang selamat, siapa yang tidak?

ucing-kucingan antara teroris dengan tamu dan karyawan hotel, menjadi magnet dalam film berdurasi 125 menit. Sutradara Anthony Maras cukup jeli merangkai adegan demi adegan yang membuat rasa penasaran, tegang sekaligus miris. Tak mudah menebak bagaimana para tamu bertahan hidup, dan apa langkah selanjutnya yang akan diambil oleh para teroris. Pembentukan karakter tokoh-tokohnya pun menarik. Ada teroris yang gamang, ada pula tamu yang tetap angkuh meski sedang dalam kondisi genting.

Hotel Mumbai berfokus pada ketegangan yang terjadi saat para tamu dan karyawan hotel berusaha meloloskan diri dari para teroris. Penulis John Collee dan Anthony Maras tidak menggali lebih dalam mengenai latar para teroris dan otak di balik serangan ini. Kendati demikian, hampir semua karakter tampil maksimal. Visualisasi betapa beratnya terjebak di kepungan teroris dan menyelamatkan diri sukses membuat merinding.

Dev Patel menunjukkan penjiwaan yang matang sepanjang film. Perjuangannya sebagai ayah dan suami yang serba pas-pasan namun tetap bersemangat, serta dedikasinya yang begitu maksimal sebagai pegawai hotel tergambar dengan apik. Momen emosional terasa ketika Arjun rela mengorbankan keyakinannya demi menyelamatkan nyawa seorang turis. Aktor lain yang memukau adalah Jason Isaacs. Karakter Vasili yang kharismatik dengan sifat angkuh, sombong sekaligus pemberani, membuat pemunculannya selalu greget.

Berlatar tahun 2008, kehidupan Arjun (Dev Patel) sebagai warga miskin India membuatnya harus berjuang mencari nafkah untuk keluarganya. Ia bekerja sebagai pegawai di hotel mewah langganan selebriti dunia, Taj Hotel, demi menghidupi putri kecilnya dan juga istri yang sedang mengandung anak ke duanya. Di hari itu, Taj Hotel juga kedatangan tamu VIP, yaitu pasangan suami istri David (Armie Hammer) dan Zahra (Nazanin Boniadi) yang membawa anaknya yang masih bayi serta pengasuhnya.

Pada hari yang sama, sekelompok teroris tiba di Mumbai dan langsung bergerak ke tempat-tempat yang telah ditentukan, seperti stasiun kereta, jalan umum, dan juga Taj Hotel yang menjadi tujuan utamanya. Mereka melakukan aksi teror dengan menembak secara brutal dan membabi buta di pusat-pusat keramaian. Tak hanya itu, mereka juga melakukan pemboman di sejumlah sudut kota Mumbai. Target mereka ternyata turis berpaspor Inggris dan Amerika sehingga mereka memilih Taj Hotel yang banyak dipilih turis sebagai tempat menginap.

Arjun beserta dengan staf hotel berusaha menjaga keselamatan para tamu yang berada di dalam restoran agar tidak menjadi korban. Menjadi salah satu yang terjebak di dalam restoran, David dan Zahra cemas dengan keselamatan anak dan pengasuhnya yang berada di kamar hotel. David pun nekat ke kamar hotel demi menyelamatkan anak dan pengasuhnya. Bagaimanakah nasib David dan anaknya? Lalu, apakah Arjun bisa menyelamatkan nyawa para tamu hotel?

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...