Kenali 4 Gejala Kanker Tulang

Jumat, 12 April 2019 - 09:05 WIB

FAJAR.CO.ID–Penyakit kanker bisa menyerang tubuh bagian mana pun, termasuk tulang Anda. Meski bisa muncul di seluruh bagian tulang, kanker tulang lebih sering ditemukan pada tulang panjang di area lengan dan kaki Anda.

Tak jarang, orang pun menganggapnya sebagai penyakit lain. Oleh sebab itu, kenali berbagai gejala kanker tulang agar Anda tidak terkecoh.

Klik Polling Capres-Cawapres 2019 Jagoan Anda

Untuk semua jenis kanker tulang, angka harapan hidup penderitanya bisa bertahan hingga lima tahun adalah 70 persen. Namun, angka ini sangat bergantung pada stadium dan kondisi kanker tulang saat didiagnosis, apakah sudah menyebar ke bagian lain atau belum.

Tidak seperti beberapa jenis kanker lainnya (misalnya kanker payudara atau kanker serviks), saat ini belum ada pemeriksaan untuk deteksi dini kanker tulang.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya Anda meningkatkan kewaspadaan dengan mengenali gejala kanker tulang. Berikut ini adalah di antaranya:

Nyeri pada tulang

Salah satu tanda yang paling umum ditemui pada penyakit kanker tulang adalah rasa nyeri pada tulang yang sering kali lebih mudah disadari seiring dengan perkembangan kanker tulang.

Pada awalnya, nyeri akan sering terasa pada area dalam tulang atau regio tulang tertentu (misalnya punggung, pinggul, lengan, kaki, dan sebagainya) ketika disentuh.

Selain itu, rasa nyeri juga lebih sering muncul di malam hari atau saat tulang digunakan (misalnya nyeri pada kaki yang timbul saat berjalan).

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan kanker, nyeri yang dirasakan menjadi semakin jelas, sehingga lama-kelamaan dapat dirasakan setiap saat, dan rasa nyeri akan semakin parah saat melakukan aktivitas.

Namun, perlu diperhatikan, nyeri tulang tidak selalu disebabkan kanker. Kondisi lain, seperti osteoporosis atau artritis juga dapat menimbulkan keluhan serupa.

 Bengkak pada area yang terasa nyeri

Beberapa minggu setelah awal kemunculan nyeri tulang, selanjutnya dapat muncul keluhan bengkak pada area yang sudah terasa nyeri sebelumnya. Mungkin juga benjolan juga terlihat pada area tersebut.

Keluhan ini dapat disertai tanda peradangan, misalnya saja timbul kemerahan pada area yang bengkak dan terdapat benjolan. Apabila gejala tersebut muncul di area sendi, bisa lebih bahaya lagi.

Sebab, kondisi tersebut dapat menyebabkan penderita kesulitan untuk menggerakkan sendi, sehingga sulit untuk bergerak apalagi beraktivitas.

Rentan patah tulang

Sel kanker yang semakin berkembang dapat menyebabkan tulang menjadi lemah, sehingga rentan untuk patah. Apabila terjadi patah tulang, penderita akan merasakan nyeri hebat pada area tulang yang muncul secara tiba-tiba.

Rasa nyeri yang hebat tersebut biasanya muncul di area yang memang sebelumnya sudah terasa nyeri selama beberapa lama.

Gangguan saraf

Kanker tulang juga dapat menimbulkan berbagai keluhan pada saraf di area tertentu. Misalnya saja, kanker tulang pada tulang belakang dapat menyebabkan terhimpitnya saraf, sehingga muncul tanda seperti kebas, kesemutan, atau bahkan kelemahan tulang.

Selain itu, kanker tulang dapat menyebar ke organ lain, sehingga menimbulkan keluhan yang sesuai pada organ tersebut. Misalnya jika kanker menyebar ke paru-paru, maka gejala yang bisa muncul adalah kesulitan bernapas.

Tak hanya keempat gejala di atas, ada juga beberapa gejala umum lainnya juga sering kali dikeluhkan penderita kanker tulang.

Beberapa contohnya adalah penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas atau terus-menerus merasa kelelahan.

Keluhan demam, tubuh menggigil, dan berkeringat pada malam hari juga bisa muncul walaupun tanda tersebut lebih jarang ditemui.

Bila Anda merasakan tanda-tanda tersebut, segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter.

Dalam tahap diagnosis, selain melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan beberapa tindakan penunjang seperti pemeriksaan radiologis (X-Ray, MRI, CT-Scan, dan sebagainya) atau biopsi.

Seperti pada kanker lainnya, apabila ditemukan saat stadium dini, angka harapan hidup kanker tulang bisa lebih lama. Jadi, jangan sepelekan gejala kanker tulang di atas, ya!

Jika Anda mengalami nyeri pada tulang yang tak kunjung reda bahkan bertambah parah, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri lebih lanjut untuk mengetahui kemungkinan gangguan kesehatan yang ada lebih dini. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.