KPU: Surat Suara Luar Negeri Disimpan di KBRI

FAJAR.CO.ID– Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Viryan Aziz mengatakan, surat suara milik KPU selama ini disimpan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia. Sehingga dia mengaku aneh ada surat suara tercoblos ditemukan di dua ruko.

Sehari sebelumnya, surat suara yang sudah tercoblos ditemukan di dua tempat. Lokasinya di ruko di kawasan Selangor, Malaysia. “Kalau penyimpanan di KBRI selama ini, itu tempat penyimpanan resmi ya di KBRI,” ujar Viryan di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (12/4).

Klik Polling Capres-Cawapres 2019 Pilihan Anda

Viryan menambahkan, saat ini Komisioner KPU, Ilham Saputra dan Hasyim Asy’ari sedang menuju ke Malaysia‎ untuk melakukan penyelidikan surat suara tercoblos. Hal itu untuk memastikan keasilan surat suara tercoblos.

Sehingga yang dilakukan oleh KPU adalah memastikan ‎dahulu surat suara yang tercoblos tersebut, apakah asli yang dikeluarkan KPU atau tidak.

“Karena setiap surat suara yang dikeluarkan KPU ada tanda khusus yang bisa membedakan dengan yang lain, jadi kita punya tanda khusus,” katanya.

Sampai saat ini, KPU belum berpikir menunda pelaksanaan pencoblosan di Malaysia pada 14 April mendatang. Mengingat saat ini langkah yang dilakukan adalah melakukan penyelidikan.

Saat ini, Panitia Pemiluhan Luar Negeri (PPLN) juga telah memiliki bukti-bukti. Sehingga KPU bersama Bawaslu mendalami yang ditemukan oleh petugas di lapangan.

“Kan diklarifikasi dahulu, tentunya KPU bersama dengan Bawaslu sudah berkoordinasi. Ini kita perjelas dulu statusnya,” pungkasnya. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah

Comment

Loading...