Pengamat: Penggerebekan Surat Suara Tercoblos di Malaysia Janggal

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Pengamat politik, Maksimus Ramses Lalongkoe menyebut ada yang aneh dan janggal dalam penggerebekan surat suara tercoblos di Selongor, Malaysia. Dalam video amatir yang beredar, penggerebekan itu hanya dilakukan tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Pasangan 02, Prabowo-Sandiaga, tanpa melibatkan pihak berwenang.

“Kalau saya cermati pemberitaan yang beredar sekarang, nampaknya ada yang aneh bahkan janggal dalam proses penggerebekan surat suara tercoblos di Selongor, Malaysia itu,” kata Ramses.

Klik Polling Capres-Cawapres 2019 Jagoan Anda

Proses penggerebakan dianggap janggal karena pihak-pihak yang menggerebek, tanpa ada pendampingan pihak berwajib atau yang berwenang agar tidak menimbulkan penafsiran negatif dan pembiasan informasi di tengah masyarakat.

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia ini, pihak-pihak yang merasa dirugikan seharusnya melibatkan pihak berwenang dalam proses penggerebekan bila benar adanya tindakan melawan hukum atau kecurangan.

“Seharusnya pihak-pihak yang merasa dirugikan harus melibatkan pihak berwenang saat proses penggerebekan berlangsung, bila benar adanya tindakan melawan hukum atau kecurangan, tapi kan ini tidak, sehingga jadi pertanyaan publik luas,” ujar Ramses.

Sejumlah kejanggalan lain yang ditemukan, adanya video yang merekam proses pencoblosan surat suara. “Semakin aneh lagi adanya video yang merekam proses pencoblosan surat suara itu, apa motif dan tujuannya,” kata Ramses.

Agar tidak menimbulkan kesimpang siuran informasi di tengah masyarakat bahkan merugikan pasangan capres lain, Ramses meminta pihak berwenang harus menelusuri pencoblosan surat suara tersebut secara tuntas dan para pelakunya diproses secara hukum. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment