Peringatan Dini Tsunami Pasca Gempa di Banggai Berakhir

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR— Setelah mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah Sulawesi Tengah, akhirnya BMKG mencabut peringatan tersebut.

Gempa bumi magnitudo 6,9 terjadi pada Jumat (12/4) pukul 18.40 WIB dengan lokasi 87 kilometer Barat Daya Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah (Sulteng)

BMKG menyatakan peringatan dini tsunami untuk kawasan Sulawesi Tengah telah berakhir. Kendati demikian, masyarakat diminta tetap waspada.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan, masyarakat di sekitar pesisir Kabupaten Morowali yang dinyatakan berpotensi tsunami dengan tingkat waspada sebelumnya oleh BMKG diminta tetap meningkatkan kewaspadaannya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan untuk wilayah Morowali Sulteng, perlu mewaspadai munculnya tsunami. Pusat gempa berada di 1.90 Lintang Selatan dan 122.54 Bujur Timur dengan kedalaman gempa berada pada 10 kilometer.

Informasi yang dihimpun, pasca gempa tersebut sejumlah warga di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulteng mengungsi ke daerah pegunungan. (eds) 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar