Polda Sulsel Kembali Ungkap Kosmetik Ilegal, Ada Produk Asal Tiongkok dan Malaysia

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Hanya berselang satu bulan polisi kembali mengungkap perdagangan kosmetik ilegal. Ada ratusan kosmetik siap edar yang diamankan polisi pada awal April lalu.

Kosmetik ilegal itu diamankan di Jl Ir Sutami, total semua yang diamankan 888 kosmetik ilegal seperti kosmetik merek temu lawak 24 dos, merek Zam-zam 67 dos, whitening glow 35 dos, merek music flower 9 dos, merek drawing eye brow 37 dos, mac profesional make up 120 dos, aloe vera 144 buah.

Ada juga lipstik merek 3ce cokelat 77 dos, lipstik merek 3ce mad riciple 75 dos, lipstik merek 3ce mood ricipe cokelat metalik 300 dos.

12 Maret lalu pabrik kosmetik juga dibongkar oleh polisi di Jl Toa Daeng, Abdesir. Kasus ini bukanlah yang pertama kalinya. Melainkan kosmetik ilegal sudah yang sering kalinya. Bahkan, setiap tahun. Penyebabnya pengawasan yang lemah.

Tangkapan ratusan kosmetik ilegal itu dilakukan oleh Subdit 1 Ditreskrimsus Polda Sulsel bersasarkan dari informasi yang didapatnya di lapangan. Laporannya, akan ada melakukan transaksi jual beli kosmetik. Setelah diperiksa ternyata tidak bisa memperlihatkan sertifikat izin edar dari BPOM.

“Kosmetik itu pun disita semua. Beserta 17 lembar daftar pengiriman barang, dan satu buah buku penjualan kosmetik,” kata Kasubdit I Indag Ditreskrimsus Polda Sulsel, AKBP Amiruddin saat ditemui di Mapolda Sulsel Jumat (12/4/2019).

Kata dia, pelaku melakukan pemesanan secara online dari Surabaya. Barang yang sudah tiba di Makassar akan langsung diberikan kepada pelanggan. “Dari hasil penyelidikan konsumen ada dari Bone, Mamuju, Sulawesi Tengah,” tambahnya.

Dari barang yang telah disita, diketahui ada produk asal luar negeri. Ada barang dari Tiongkok seperti lipstik 3ce yang ukuran kecil 50 dos, dan yang ukuran besar 25 dos, whitening glow asal Malaysia 35 dos. Setelah diperiksa bahannya berbahaya. “Barang yang diedarkan tidak melalui proses uji lab. Dan merupakan sediaan farmasi,” tambah perwira berpangkat dua bunga itu. (gun)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...