TKN: Jokowi Sukses Turunkan Angka Kemiskinan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN), Jokowi – Ma’ruf Amin, Mukhamad Misbakhun menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan kebijkan jitu menurunkan angka kemiskinan di Indonesia.

Salah satunya, ketika pemerintah era Jokowi menelurkan kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH). Menurut dia, program PKH mampu menurunkan angka kemiskinan menjadi 9,66 persen, merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) per September 2018.

Cek, Siapa di Antara Jokowi-Prabowo yang Unggul

“Secara akumulatif, jumlah penduduk miskinnya itu dari 27 juta menjadi sekitar 25 juta. Artinya, jumlah penduduk bertambah, tetapi secara akumulatif mengalami penurunan jumlah masyarakat miskin,” kata Misbakhun kepada wartawan di Jakarta, Jumat (12/4).

Misbakhun menyebut, berbagai pihak mengakui keberhasilan PKH menurunkan kemiskinan. Bahkan, ucap dia, Bank Dunia turut mengakui keberhasilan program yang memiliki nama lain conditional cash transfer ini.

“Program conditional cash transfer Indonesia itu termasuk yang mendapat penghargaan dari Bank Dunia sebagai upaya mengatasi kemiskinan yang sangat signifikan,” ujar dia.

Dalam PKH, kata Misbakhun, terdapat skenario untuk membantu keluarga miskin. Tidak hanya itu, PKH memaksa anak-anak keluarga miskin tetap sekolah sehingga indikator indeks pembangunan manusia sebuah negara meningkat.

“Kemudian pelayanan kesehatan, bagaimana mengatasi stunting dan sebagainya, sehingga dari sisi pelayanan kesehatan juga naik. Mau tidak mau, PKH ini juga salah satu pendorong,” jelas dia.

Misbakhun menyebut PKH erat kaitannya dengan pemerataan dan belanja sosial untuk mengurangi kesenjangan ekonomi.

“Pertumbuhan pada kisaran lima persen itu diikuti dengan pemerataan. Affirmative action, keberpihakan itu ditegaskan dalam bentuk belanja sosial yang sangat signifikan. Bagaimana mengangkat derajat masyarakat bawah itu tetap bisa melakukan aktivitas kehidupan mereka sehari-hari dengan kehadiran negara,” ucap dia. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...