48 UKM Ikuti Pameran Komunitas Srikandi Indonesia di Solo

Sabtu, 13 April 2019 - 13:39 WIB
PAMERAN UKM: Komunitas Srikandi Indonesia (KSI) Jokowi mengadakan pameran UKM di Paragon Mall Solo, Sabtu (13/4). (Ari Purnomo/JPC)

FAJAR.CO.ID, SOLO – Sebanyak 48 usaha kecil menengah (UKM) mengikuti pameran yang digelar Komunitas Srikandi Indonesia (KSI). Acara berlangsung di Solo Paragon Mal, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (13/4). Pameran merupakan salah satu misi dari relawan pendukung Jokowi yang ditujukan untuk mendorong peningkatan UKM.

Sekjen KSI Tuty Adib menyampaikan, pihaknya mempunyai misi untuk mengembangkan pemberdayaan perempuan. Dengan adanya pameran UKM diharapkan bisa membuat perempuan semakin mandiri dan membantu dalam perekonomian rumah tangga.

“Ini adalah pasar UKM KSI Jokowi. Sebagaimana misi-misi kami, yakni menjadi wadah komunitas perempuan mandiri Solo Raya,” terang Tuty kepada JawaPos.com.

KSI berharap bisa semakin membantu peningkatan UKM. Baik dari segi kualitas, kuantitas produksi, dan pemasaran. “Maka dari itu, kami juga menggandeng Dinas Koperasi dan UKM dan Dinas Pariwisata. Ini sesuai dengan kebijakan Pak Jokowi untuk pengembangan UKM,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Solo Nur Haryani mengatakan bahwa pameran menjadi salah satu upaya dalam pengembangan UKM. Untuk itu, ia sangat mengapresiasi pameran yang digelar KSI. “Pameran ini bisa menjadi cara yang tepat untuk mengembangkan UKM. Pelaku usaha bisa menemukan pembeli yang tepat,” ucapnya.

Salah seorang peserta peserta Pasar UKM KSI Sri Winarsih, 39, mengatakan, selama ini dirinya banyak menghadapi kendala. Mulai dari produksi sampai pemasaran. “Harapannya setelah ikut pameran seperti ini, saya bisa mengembangkan produk dan pemasarannya,” ucapnya.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.