5 Pelabuhan ini Ditargetkan Bebas dari Korupsi

Sabtu, 13 April 2019 - 06:39 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan lima pelabuhan lain di Indonesia bisa mengikuti jejak Pelabuhan Tanjung Priok yang sudah mendapat penghargaan wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Kelima pelabuhan itu yakni Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Belawan Medan, Pelabuhan Makassar, dan Pelabuhan Ambon atau Pelabuhan Sorong, Papua.

“Tanjung Priok sudah menjadi daerah bebas korupsi, mereka sudah mendapatkan apresiasi. Dan kami ingin bukan hanya Tanjung Priok saja, tapi juga ada lima pelabuhan lain yang seperti Tanjung Priok sebagai pelabuhan yang bebas korupsi,” sebut Budi.

Mantan dirut AP II ini mengatakan dengan menjadi wilayah bebas korupsi maka akan menciptakan integritas di pelabuhan tersebut, sehingga pelayanan dan kecepatan akan meningkat.

Selain itu komplain dari institusi lain maupun dari pelaku usaha bisa berkurang.

“Karena pelabuhan adalah motor dari kemajuan logistik suatu negara. Dalam catatan indeks logistik kami naik dari peringkat 63 ke 46. Satu prestasi yang baik, tetapi tidak cukup dengan itu. Kami ingin terus mereformasi agar Perhubungan memiliki kontribusi yang baik,” harapnya. (chi/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.