Upayakan Bansos Tepat Sasaran, Dinsos Barru Bimbingan Verifikasi dan Validasi BDT

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Dinas Sosial Kabupaten Barru melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu (BDT) yang diikuti oleh seluruh desa se-kabupaten Barru di Aula Kantor Bappeda, Kamis, 11 April 2019 lalu.

Bupati Barru dalam sambutannya meminta data BDT ini bisa diverifikasi dan divalidasi secara benar.

“Verifikasi dan Validasi BDT ini penting agar angka kemiskinan di Barru bisa menurun, kemudian penerima bantuan sosial bisa tepat sasaran,” tuturnya via rilis.

Sementara itu, Sulawesi Community Foundation (SCF) melalui Program Peduli yang beberapa tahun terakhir melakukan pendampingan pada masyarakat marginal di Desa Bulo-Bulo secara khusus turut mendampingi Desa Bulo-Bulo dalam verifikasi BDT tersebut.

Tujuannya tidak lain adalah untuk mensinergikan data penerima manfaat Program Peduli masuk dalam data BDT agar masyarakat marginal bisa mendapatkan bantuan sosial.

“Sasaran penerima manfaat yang harus diprioritaskan desa adalah bagi masyarakat marjinal, difabel, masyarakat adat, dan lansia. SCF di sini memfasilitasi desa agar data BDT lebih transparan,” terang Muliadi dari SCF.

Ia juga berharap dalam validasi dan transparansi data BDT ini, masyarakat adat dan difabel dapat lebih diperhatikan, bantuan sosial lebih tetap sasaran dan akhirnya menurunkan angka kemiskinan di desa. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...