Balikpapan Kekurangan Belasan Ribu Surat Suara

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN – Logistik Pemilu 2019 mulai disebar ke segala penjuru Kalimantan Timur (Kaltim). Bentang geografis yang luas dan sulit di sebagian daerah harus dihadapi penyelenggara pesta demokrasi.

Di Balikpapan, tiga hari jelang pemungutan suara, KPU mengaku belum menerima sisa kekurangan logistik. Jumlahnya separuh dari total 23 ribu surat suara yang diperlukan untuk 2.061 tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Minyak.

“Besok pagi (hari ini) kami ke Jakarta. Didampingi Bawaslu dan kepolisian akan kami ambil sendiri,” kata Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha di kantornya, Sabtu (13/4) pagi, dikutip dari Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Tim yang akan berangkat segera berkoordinasi dengan KPU RI untuk memperoleh sisa logistik. Kemudian, dijadwalkan pada hari yang sama langsung mengirimkannya ke Balikpapan.

Noor menyebut, belum ada informasi kendala terkait pemenuhan sisa surat suara ini. “Pagi berangkat, sore pulang. Insya Allah aman,” tegasnya.

Penjemputan itu, disebut Thoha, berdasarkan petunjuk KPU Kaltim. Sebab, jika menunggu pengiriman dari pusat, dikhawatirkan akan lebih lama. Di KPU RI, logistik pemilu dilakukan secara kolektif.

“Yang penting sesuai mekanisme dan prosedur yang sudah ditetapkan,” katanya.

Sisa logistik ini akan diserahkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang berdasarkan jadwal akan menerima pada hari terakhir pendistribusian. Jadwal distribusi lebih diprioritaskan ke wilayah pinggiran kota. Lalu bergeser ke Balikpapan Kota atau Balikpapan Tengah.

“Di Balikpapan ini TPS terjauh di Teluk Waru dan Salok Cina, Balikpapan Barat,” sebutnya.

Adapun kendala yang ditemui KPU saat ini adalah faktor cuaca. Sebab, tak ada gedung yang luas untuk merakit kotak suara, maka sebagian dilakukan di luar gedung. Untuk mengantisipasi hujan, KPU mendirikan tenda. Meski disebut masih bisa berpengaruh pada kondisi logistik.

“Tempias hujan ya. Ini jadi evaluasi kami ke depan. Sementara soal pendistribusiannya ke PPS tak ada masalah,” ujarnya.

Perlu diketahui, untuk distribusi logistik pemilu di Balikpapan dimulai dari Balikpapan Timur pada 10 April. Dilanjutkan ke Balikpapan Utara pada 11 April dan di Balikpapan Selatan pada 12 April. Untuk di Balikpapan Barat, distribusi dilakukan pada 13 April. Bergeser ke Balikpapan Tengah pada 14 April dan Balikpapan Kota pada 15 April.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...