Distrbusi Surat Suara di Kulon Progo Molor

Minggu, 14 April 2019 - 14:05 WIB
Proses distribusi logistik hari terakhir untuk Gunungkidul. (Ridho Hidayat/JPC)

FAJAR.CO.ID, KULON PROGO – Pendistribusian kekurangan surat suara di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) mengalami keterlambatan. Surat suara tambahan tersebut, yakni surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) serta DPR RI.

Seharusnya surat suara tersebut sampai di gudang KPU Kulon Progo pada Jumat (12/4) lalu. Namun, hingga Minggu (14/4) siang belum diterima. “Molor, harusnya Jumat (12/4) kemarin. Tapi pagi tadi saya telepon baru sampai Batang (Jawa Tengah). Masih ada waktu,” kata Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, Ibah Mutiah, Minggu (14/4).

Kekurangan surat suara untuk PPWP, diketahui sebanyak 1.190. Sedangkan DPR RI, ada 1.380. Nantinya, surat suara tersebut, akan disebar ke dua kecamatan, yakni di Kokap dan juga Pengasih. “Rencana sudah matang jadi mundur karena keterlambatan saja. Masalah surat suara ini KPU RI,” katanya.

Setelah surat suara nanti tiba di gudang KPU Kulon Progo, akan disortir terlebih dahulu. Namun pemeriksaan tersebut tidak akan terlalu ketat dan tidak dilakukan oleh petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Saya langsung terjun sendiri, bisa cepat. Setelah dilihat mana yang rusak akan dimusnahkan. Kemudian untuk yang baik, langsung dipacking,” ucapnya.

Setelah semuanya siap, mulai Senin (15/4) pendistribusian logistik dilakukan. Yakni dilakukan untuk 6 kecamatan wilayah utara terlebih dahulu. “Besok pagi upacara pelepasan logistik. Disaksikan Bawaslu, Pemda,” katanya.

Kemudian pada hari berikutnya yakni Selasa (16/4) distribusi ke 6 kecamatan sisanya. Terakhir di Kecamatan Wates karena letaknya paling dekat dengan gudang KPU.

Terpisah, Andang Nugroho, Divisi Teknis Penyelenggara KPU Gunungkidul menambahkan, untuk di wilayahnya distribusi logistik sudah dilakukan sejak Kamis (11/4). “Sudah berjalan sesuai dengan rencana dan lancar. Hari ini distribusi yang terakhir,” ucapnya.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.