DLH Respons Permintaan Masyarakat Untuk Pangkas Pohon

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Program pembersihan lingkungan kini dilakukan di beberapa titik di Kota Makassar. Di antaranya pemangkasan beberapa ranting pohon di jalur jalan umum provinsi.

Khusus Makassar, beberapa titik jalan yang sudah pembersihan ranting pohonnya seperti Jl Bandang, Jl Veteran utara dan veteran selatan, Jln Urip Sumoharjo, Perintis Kemerdekaan, Jln Abdesir, dan sebagian ruas Jl Hertasning.

Titik-titik inilah yang memiliki banyak pohon. Namun, untuk membuat pengguna jalan nyaman maka dilakukan pembersihan dengan jadwal-jadwal yang telah dibagi.

Kadis Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Makassar, Rusmayani Majid mengatakan, untuk pemangkasan pohon ini memang diprogramkan dan ada anggarannya setiap tahun.

Untuk 2019 sendiri, beberapa titik lokasi dengan dua jalur yang bisa mengganggu pengguna jalan atau mulai rimbun maka dilakukan pembersihan.

Alasannya memperhatikan kenyamanan dan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan saat musim hujan yang bisa merugikan pengguna jalan.

Namun, kata Rusmayani, dalam memangkas harus diperhatikan juga waktunya, misalnya malam hari saat aktivitas dijalan sudah tak terlalu padat.

“Pohon yang dipangkas ini kita pangkasnya juga atas permintaan pelayanan masyarakat, jika laporan warga sekitar atau pemerintah setempat sudah meminta dan merasa terganggu akan hal tersebut maka pemangkasan sudah mulai dilakukan,” ucapnya, kepada FAJAR, Jumat, 12 April 2019.

Kadis DLH Sulsel, Andi Hasbi Nur, mengatakan, pohon seharusnya memang selalu dirawat termasuk dipangkas. Baik untuk menjaga pertumbuhan, keindahannya, maupun untuk menjaga kemungkinan menjadi gangguan buat pemakai jalan dan masyarakat yang ada di sisi jalan. (wis)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment