600 Kotak Suara Rusak Kebanjiran, Begini Langkah KPU Kabupaten Bogor

Senin, 15 April 2019 - 14:26 WIB
Kotak suara yang rusak akibat kebanjiran di Ciseeng. (Pojok Jabar/Jawa Pos Group)

FAJAR.CO.ID, BOGOR – Banjir yang merendam Desa Cibentang, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Minggu (14/4) malam mengakibatkan ratusan kotak suara rusak. Pasalnya banjir juga merendam Gudang Logistik PPK Ciseeng.

Salah satu sisi tembok gudang yang menggunakan bangunan di belakang Kantor Kecamatan Ciseeng itu jebol lantaran diterpa hujan lebat dan angin kencang semalam. Sehingga sedikitnya 600 kotak suara rusak.

Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Ciseeng Mulyadi mengatakan, kejadian bermula sekitar pukul 19.00 WIB. Tembok yang jebol kemudian menyebabkan lumpur dan air menggenangi bangunan gudang.

“Tembok jebol. Tanah dan lumpur masuk. Kami juga langsung kosongkan gudang karena takut ada susulan. Barang-barang juga dipindahkan ke tempat yang lebih aman nggak jauh dari gudang lama,” kata Mulyadi, Senin (15/4).

Tidak hanya kotak suara, sejumlah formulir dan berkas dokumen penting lain juga tidak luput dari kerusakan. Mulyadi dan petugas lainnya pun hanya bisa menyelamatkan sebagian logistik yang sekiranya masih bisa digunakan.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni mengungkapkan jika kejadian semalam tidak akan menggangu pelaksanaan pemilu di Ciseeng.

“Ada 600 kotak suara yang rusak. Tapi untuk surat suara tidak rusak karena semua terbungkus plastik jadi masih bisa digunakan,” katanya.

KPU Kabupaten Bogor langsung berkoordinasi dengan KPU Jawa Barat untuk kemungkinan penggantian kotak suara dari kardus itu sebelum 17 April. “Yang masih bisa digunakan kita pindahkan dulu ke gedung sebelah supaya kerusakan tidak makin banyak,” kata Ummi.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *