Disnakertrans Jateng Akan Tindak Perusahaan yang Tak Beri Kesempatan Karyawannya Mencoblos

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Tengah siap menindak perusahaan yang tidak memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk menyalurkan suaranya saat Pemilu 2019 besok. Setiap aduan yang ada, bakalan langsung diproses.

Kepala Disnakertrans Jateng, Wika Bintang mengatakan, pihaknya siap menindaklanjuti Surat Edaran terbitan Kementerian Ketenagakerjaan RI Nomor 1 Tahun 2019. Tentang Hari Libur Bagi Pekerja/Buruh pada Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilihan Umum.

“Intinya, agar semua buruh diberikan hak untuk memilih. Diberikan waktu untuk melakukan pencoblosan,” kata Wika selepas menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapan pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2019 di Hotel Patra, Kota Semarang, Senin (15/4).

Adapun ketentuan lain bagi perusahaan yang tak memberikan libur kepada karyawannya pada momen itu, kata Wika. Yakni, wajib memberikan uang lembur.

Bagi perusahaan yang tidak menjalankan peraturan itu, Wika melanjutkan, harus siap menerima konsekuensinya. “Ketika nanti ada aduan, pasti kami proses. Tapi sanksi secara tertulis memang tidak ada,” bebernya.

“Libur nasional berlaku untuk semua masyarakat yang bekerja,” pungkas Wika menegaskan.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar