Kemendagri Minta Humas Masif Ajak Masyarakat Salurkan Hak Pilih

Senin, 15 April 2019 - 18:44 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Masa kampanye Pemilu 2019 telah selesai. Kini tahapan Pemilu 2019 memasuki masa tenang, sebelum nanti pada tanggal 17 April 2019 acara puncak pencobolosan calon presiden dan calon legislatif akan digelar. Tahapan ini pun, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menghimbau agar humas pemerintah daerah Provinsi mau pun Kabupaten/Kota mengajak masyarakatt untuk menggunakan hak pilihnya.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar mengungkapkan agar Humas Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mengajak masyarakat menyalurkan hak pilihnya. “Humas harus memanfaatkan ruang-ruang yang ada mengajak masyarakat untuk tidak golput. Pemda harus mengajak dan mengingatkan masyarakat agar hadir ke TPS pada hari Rabu tanggal 17 April 2019”, tuturnya saat dihubungi via selulernya, di Jakarta kemarin.

Demi target pencapaian angka partisipasi pemilih bahkan lebih, jajaran Kemendagri tidak hanya menuntut peran Humas setiap Pemda diseluruh Indonesia. Kemendagri juga meminta agar setiap SKPD mulai dari tingkatan Provinsi, Kabupaten/Kota, aparat kecamatan, desa/keluarahan hingga Dusun, RW dan RT bersatu padu menggerakan partisipasi masyarakat mensukseskan pemilu serentak 2019.

“Mari kita bantu penyelenggara Pemilu yang telah bekerja keras mensukseskan penyelenggaraan Pemilu sebagai sarana demokrasi yang konstitusional. Gunakanlah bahasa yang sejuk, menyenangkan, menggembirakan, sopan dan santun sesuai tatakrama adat istiadat masyarakat setempat,” katanya.

Mantan Direktur Politik Kemendagri ini juga mengungkapkan bahwa, masyarakat harus bangga karena sebagai negara demokrasi, kita menjadi panutat negara demokrasi lainnya. Menurutnya, dimata dunia Indonesia berhasil menyelenggarakan pemilihan umum secara secara bersamaan Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Kemendagri sangat yakin jika semua aparat dan warga masyarakat bergotong-royong membuat pengumuman-pengumuman di lingkungan sekitar pemukiman masing-masing dengan berbagai media dan sarana yang ada maka yakin harapan tingkat partisipasi pemilih diatas 80% pada Pemilu Serentak 2019 pasti akan tercapai,” pungkasnya. (yog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *