Kementan Apresiasi Petani Sukabumi dengan Bantuan 30 Unit Alsintan

Senin, 15 April 2019 - 13:34 WIB

SUKABUMI – Kementerian Pertanian (Kementan) bakal menyalurkan 30 unit traktor berkapasitas 6,5 PK kepada kelompok tani di Kabupaten Sukabumi. Masing-masing kelompok tani mendapatkan 1 unit bantuan traktor tangan yang pembiayaannya bersumber dari APBN 2019.

Bantuan ini merupakan bentuk apresiasi Kementan kepada para petani di Kabupaten Sukabumi atas prestasinya dalam mencapai kinerja ketahanan pangannya. Apresiasi tersebut dinilai berdasarkan capaian produksi pangan, kestabilan harga dan peningkatan ekspor komoditas pertanian dari Sukabumi.

“Kami memberikan apresiasi dengan memberikan bantuan sebagai pemantik. Supaya petani di Sukabumi lebih giat lagi meningkatkan produksinya,” kata Direktur Jenderal Prasaran dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy, Senin (15/4).

Menurutnya, bantuan yang diberikan diharapkan dapat menambah semangat para petani baik dari kalangan petani umum, santri tani, petani millenial dan para peternak.

“Bantuan alat mesin pertanian (alsintan) ini bagi 30 kelompok tani untuk memudahkan dan mempercepat petani yang akan membajak sawah,” ujar Sarwo Edhy.

Kepala Seksi Pupuk Pestisida dan Alsintan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Eris Firmansyah mengatakan, Kabupaten Sukabumi dinilai merupakan salah satu lumbung padi. Karena itu, pemerintah perlu menggenjot produksinya dengan meningkatkan berbagai fasilitas dan bantuan alsintan.

“Produksi padi di Kabupaten Sukabumi terus kita genjot untuk mencapai ketahanan pangan nasional. Satu di antara daya dukungnya yakni penyaluran bantuan traktor tangan ini,” jelasnya.

Indeks tanam padi di Kabupaten Sukabumi dalam per tahun mencapai 3 kali. Petani bercocok tanam padi di lahan yang teraliri irigasi, tadah hujan, dan tegalan (huma). Namun bantuan traktor tangan tersebut diperuntukkan bagi petani sawah yang teraliri irigasi atau embung.

“Kemungkinan bantuan traktor tangan ini kami bagikan Mei mendatang pada musim tanam kedua. Saat ini masih perakitan mesin traktor,” ungkap Eris.

Sekadar diketahui, traktor tangan kapasitas 6,5 PK itu memiliki kemampuan membajak sawah seluas 0,25 sampai 0,3 hektare per hari. Mesin traktor bekerja dari mulai pengolahan sampai sawah siap ditanami padi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.