MotoGP Amerika: Marquez Tumbang, Rins Asapi Rossi

FAJAR.CO.ID - Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins menjuarai GP Amerika Serikat dan mematahkan dominasi Marc Marquez (Repsol Honda) di Sirkuit Americas, Austin, Texas, pada Minggu waktu setempat (14/4).

Pebalap asal Spanyol itu finis terdepan di balapan sepanjang 20 lap itu dengan selisih 0,462 detik dari Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) di runner-up, demikian laman resmi MotoGP pada Senin pagi.

Kemenangan itu adalah yang pertama kali bagi Rins di kelas MotoGP dan yang pertama pula bagi Suzuki sejak GP Inggris 2016. Rins sebelumnya pernah menjuarai GP Amerika Serikat di Austin di kelas Moto2 pada 2015 dan di Moto3 pada 2013.

"Saya tahu Valentino memiliki banyak pengalaman di sini... dan saya super senang, Suzuki pantas menerima kemenangan ini, kami bersama pantas menerimanya," ungkap Rins dalam sesi jumpa pers paska lomba.

Balapan hari itu menyajikan drama manakala Marquez gagal mencetak rekor tujuh kemenangan berturut-turut di Austin setelah terjatuh di Tikungan 12. Pebalap asal Spanyol itu, yang meraih pole position ketujuh kalinya di Austin mencoba beberapa kali menyalakan motornya dan terjatuh kembali sehingga tidak bisa melanjutkan lomba ketika balapan masih menyisakan 12 putaran.

Sebelumnya Cal Crutchlow, yang mengawali balapan dari P3, juga terjatuh di Tikungan 11 pada lap kelima ketika menempel ketat di belakang Rossi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...