Pesawat Terbesar di Dunia Akhirnya Diuji Coba

Senin, 15 April 2019 - 17:16 WIB
www.stratolaunch.com

FAJAR.CO.ID — Pesawat terbesar sepanjang sejarah manusia akhirnya diterbangkan di langit California akhir pekan lalu (13/4).

Proyek perusahaan Stratolaunch Systems tersebut menjalani percobaan pertamanya di wilayah gurun Mojave. Hal itu membawa perusahaan tersebut selangkah lebih dekat dengan mimpi terbang ke angkasa luar.

Pesawat yang punya dua badan dan enam mesin jet itu memang tidak dirancang sebagai alat transportasi udara. Melainkan transportasi angkasa. Jika sudah beroperasi, pesawat tersebut bakal mengangkut roket sampai ketinggian.

Konsepnya, pesawat tersebut bakal terbang hingga ketinggian 10 kilometer di atas permukaan bumi. Saat itu baru roket angkasa atau satelit diluncurkan.

“Saya terus membayangkan momen itu bertahun-tahun. Tapi, saya tidak pernah membayangkan Paul tidak berada di samping saya saat momen itu berlangsung,” kata CEO Stratolaunch Jean Floyd seperti dilansir CNN.

Paul yang dimaksud adalah Paul Allen, cofounder Microsoft yang mendirikan perusahaan untuk menemukan alternatif penerbangan angkasa luar itu. Selama ini, roket angkasa yang diluncurkan secara vertikal butuh biaya yang besar. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *