Preview Watford vs Arsenal: Lupakan Persahabatan

Senin, 15 April 2019 - 18:32 WIB
Foto: Sky Sports

FAJAR.CO.ID, WATFORD—Javi Gracia akan memimpin pasukannya untuk menghadapi tim Unai Emery. Ini perang saudara, tapi mereka harus saling menghabisi di Vicarage Road demi tiket Eropa musim depan.

Tak hanya bertetangga tempat latihan, dengan markas Arsenal dan Watford bersebelahan di London Colney, kedua pelatih adalah sahabat sejak lama. Seperti diketahui, mereka bermain bersama di klub La Liga, Real Sociedad dua dekade lalu.

Kedekatan mereka juga tampak dalam hubungan sehari-hari sejak keduanya sama-sama menjadi pelatih di Inggris. Pada beberapa kesempatan, Gracia dan Emery makan malam bersama musim ini.

“Kami memiliki hubungan yang baik sejak kami bermain bersama di Real Sociedad, bertahun-tahun yang lalu. Di tim yang berbeda kami telah bermain melawan satu sama lain, sebagai pemain dan kemudian sebagai manajer juga. Kami selalu memiliki hubungan yang baik. Dia adalah teman yang baik,” kata Gracia di Standard.

Gracia pun tak sungkan memuji Emery. “Kami menghabiskan beberapa waktu bersama di masa lalu dan saya pikir kami memiliki pengalaman yang sama. Tapi saya pikir kami juga memiliki jalan yang berbeda sebagai pemain dan sebagai pelatih. Apa yang bisa saya katakan adalah bahwa, menurut pendapat saya, Unai adalah salah satu pelatih terbaik di dunia, tidak hanya di Inggris,” ujar Gracia.

Tapi, pertemanan baik harus mereka lupakan pada laga pekan ke-33 Premier League, dinihari nanti. Pasalnya, kedua kubu wajib memenangkan pertandingan untuk misi mereka di Eropa. Watford yang kini di posisi 10 dengan poin 46 butuh tiga angka untuk bisa finis di zona Liga Europa.

Sebaliknya, Arsenal harus mencuri angka jika ingin menjaga peluang finis di zona Liga Champions sebagai tim empat besar. Sejauh ini, Arsenal berada di peringkat keenam dengan poin 63. Mereka terpaut empat dari Tottenham Hotspur yang berada di posisi ketiga. Selain itu, Arsenal juga harus mengejar Chelsea yang ada di posisi keempat serta tim peringkat lima Manchester United.

Makanya, Gracia mengingatkan timnya untuk fokus dan tidak memikirkan final Piala FA kontra Manchester City yang merupakan laga puncak pertama The Hornets sejak 1984 ketika masih ditangani Graham Taylor. Bagi Gracia, para pemainnya tidak boleh terganggu dengan final 18 Mei di Wembley tersebut.

“Pada saat ini, saya lebih suka mempertahankan sikap yang sama dengan yang kami miliki sepanjang musim. Kami berusaha memberi arti penting pada pertandingan berikutnya, tiga poin berikutnya. Final kami adalah bermain melawan Arsenal pada hari Senin (Selasa),” tegasnya.

Pada laga ini, Gerard Deulofeu yang mencetak dua gol di semifinal FA Cup kontra Wolverhampton Wanderers akan kembali menjadi andalan Watford. Namun mereka akan tanpa bek kiri Jose Holebas, yang mengalami cedera hamstring. Tom Cleverley dan Domingos Quina juga akan absen karena masalah betis serta bahu.

Arsenal yang tidak bisa diperkuat Rob Holding, Danny Welbeck, Hector Bellerin, Sokratis, serta masih harus menunggu perkembangan kondisi kebugaran Granit Xhaka juga bertekad memenangkan laga ini. Karena itu, Emery meminta timnya bertarung lebih keras.

“Melawan Watford pada hari Senin (Selasa) adalah pertandingan yang sangat sulit, karena mereka adalah tim yang baik dan mereka akan merasa lebih kuat di rumah dengan pendukung mereka,” kata Emery di situs klub.

The Gunners sendiri datang ke markas Watford dengan modal kemenangan 2-0 atas Napoli di leg pertama Liga Europa. Kemenangan itu mempertegas status mereka sebagai jago kandang setelah hasil buruk di laga tandang. Dan Emery berharap kali ini bisa meraih hasil lebih bagus.

“Kita harus konsisten seperti di kandang, mungkin dengan cara yang berbeda, dengan ide, pemain atau sistem yang berbeda,” tegas Emery yang di pertemuan pertama sukses memimpin pasukannya menang 2-0 di Emirates. (amr)

Prakiraan Pemain

Watford (4-2-2-2): Foster; Janmaat, Mariappa, Cathcart, Masina; Doucoure, Capoue; Hughes, Pereyra; Deeney, Deulofeu

Arsenal (3-4-1-2): Leno; Mustafi, Koscielny, Monreal; Niles, Ramsey, Torreira, Kolasinac; Iwobi; Aubameyang, Lacazette

 

Head to head

29/09/18 Arsenal 2-0 Watford

11/03/18 Arsenal 3-0 Watford

14/10/17 Watford 2-1 Arsenal

31/01/17 Arsenal 1-2 Watford

27/08/16 Watford 1-3 Arsenal

Lima pertandingan terakhir Watford

07/04/19 Watford 3-2 Wolverhampton

02/04/19 Watford 4-1 Fulham

30/03/19 Manchester United 2-1 Watford

16/03/19 Watford 2-1 Crystal Palace

09/03/19 Manchester City 3-1 Watford

Lima pertandingan terakhir Arsenal

11/04/19 Arsenal 2-0 Napoli

07/04/19 Everton 1-0 Arsenal

01/04/19 Arsenal 2-0 Newcastle United

14/03/19 Arsenal 3-0 Rennes

10/03/19 Arsenal 2-0 Manchester United

KEY PLAYERS

WATFORD

Top rating: Troy Deeney: 7,2

Top skor: Troy Deeney: 9

Top assist: Jose Holebas: 6

ARSENAL

Top rating: Alexandre Lacazette: 7,19

Top skor: Pierre-Emerick Aubameyang: 17

Top assist: Alexandre Lacazette: 7

STATISTIK KANDANG WATFORD

Main: 15

Menang: 8

Imbang: 2

Kalah: 5

Gol: 23

Kebobolan: 20

Poin: 26

Cleansheet: 4

Rataan gol: 1,53

Rataan kebobolan: 1,33

Rataan gol pertama: 46 menit

Rataan kebobolan pertama: 49 menit

Tidak mencetak gol: 3

Kemenangan terbesar: 3-0

Kekalahan terbesar: 0-4

STATISTIK TANDANG ARSENAL

Main: 15

Menang: 5

Imbang: 4

Kalah: 6

Gol: 26

Kebobolan: 28

Poin: 19

Cleansheet: 0

Rataan gol: 1,73

Rataan kebobolan: 1,87

Rataan gol pertama: 27 menit

Rataan kebobolan pertama: 40 menit

Tidak mencetak gol: 2

Kemenangan terbesar: 5-1

Kekalahan terbesar: 1-5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *