UTBK SBMPTN, Masih Ada Peserta Lupa Bawa Persyaratan

Senin, 15 April 2019 - 20:29 WIB
Menristekdikti Muhammad Nasir saat meninjau pelaksanaan UTBK di salah satu sekolah, beberapa waktu lalu. (Dok. Kemenristekdikti)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hari kedua (15/4) pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (UTBK SBMPTN) 2019 berjalan lancar. Meski begitu, tidak sedikit peserta yang tidak membawa persyaratan lengkap.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi menuturkan, panitia masih menemukan peserta yang tidak membawa fotokopi ijazah saat tes. Khususnya, peserta lulusan 2017 dan 2018. Padahal, itu menjadi syarat untuk mengikuti UTBK.

Selain itu, ada peserta tidak melampirkan pas foto terbaru pada surat keterangan duduk di kelas XII. Bahkan lupa membawa dokumen identitas diri maupun kartu kartu tanda ujian peserta.

”Prinsipnya tetap kami izinkan mengikuti tes, tapi ada catatan. Peserta diminta membuat surat pernyataan yang ditandatangani yang bersangkutan dan pengawas bahwa tidak lengkap,” terang Ravik.

Mantan rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta itu mengimbau agar peserta UTBK jadwal berikutnya jangan lupa membawa persyaratan yang sudah ditentukan. Seperti kartu tanda ujian, fotokopi ijazah bagi lulusan 2017 dan 2018, surat keterangan kelas XII yang asli, dan pas foto terbaru.

Ravik menyampaikan ada lima kota besar yang menambah sesi UTBK lantaran banyaknya jumlah peserta. Yakni, Padang, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, dan Makassar.

”Akan digelar 20 April di 11 PTN atas permintaan peserta di kota-kota tersebut,” ucapnya.

Bagi peserta dengan kebutuhan khusus, seperti tuna netra, UTBK tetap dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama pada 4 Mei dan 25 Mei untuk gelombang kedua. Seluruhnya dilakukan pada sesi pagi pukul 07.30 hingga 11.45 di ruang khusus.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.