WNI di Chicago Berbondong-bondong Mencoblos demi Indonesia Lebih Baik

Senin, 15 April 2019 - 13:31 WIB

Citizen Reporter
Siti Raisa, Warga Makassar di Chicago-Amerika Serikat
(PhD Student, University of Notre Dame)

FAJAR.CO.ID, CHICAGO–Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 berlangsung lancar di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) yang dibuka di Indonesian Cultural Center, Chicago, Amerika Serikat, Sabtu (13/4/2019) waktu setempat.

Sebanyak 471 orang WNI yang berdomisili di wilayah kerja Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago, Amerika Serikat mencoblos di TPSLN Chicago.

Wilayah kerja KJRI di Chicago, Amerika Serikat meliputi negara bagian Illinois, Indiana, Iowa, Kansas, Kentucky, Michigan, Minnesota, Missouri, Nebraska, North Dakota, Ohio, South Dakota, dan Wisconsin.

Saya hadir di TPS sekitar pukul 17.00. Saat tiba di depan pintu, seorang panitia langsung mendekati dan memberikan form. Pelayanannya sangat baik dan lancar dari pihak Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Chicago. Walaupun sisa 1 jam untuk mencoblos, suasanya masih terhitung ramai dengan antrean sampai di depan pintu.

Untuk pemilihan luar negeri ada dua pilihan, yaitu melalui pos dan langsung ke TPS. Kebetulan saya request untuk dikirim ke pos, namun karena tidak memperoleh jadi saya bela-belain datang langsung ke TPS walaupun menempuh 2 jam perjalanan dari kota tempat tinggal saya di South Bend, Indiana.

Menurut saya ada hal yang menarik, yaitu kotak suaranya berbeda untuk yang pos dan langsung di TPS. Untuk yang di TPS kotak suaranya berbahan acrylic (terlihat sekilas di foto1), sedangkan yang melalui pos (seperti di foto2).

Pesan untuk seluruh Warga Indonesia yang akan mencoblos pada Rabu nanti, gunakan hak pilih anda sebaik-baiknya. Saya pribadi rela menempuh perjalanan jauh demi demokrasi Indonesia yang lebih baik.

Harapannya semoga pemimpin yang saya coblos bisa terpilih serta memperjuangkan policy yang lebih baik untuk lingkungan dan bidang bioteknologi, sesuai ilmu yang sedang saya tekuni disini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.