445 Foto Terbaik Tutup Lomba Foto JK

Selasa, 16 April 2019 - 20:00 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Organisasi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar selaku Panitia penyelenggara Lomba Foto Wakil Presiden HM Jusuf Kalla ‘Dari Timur Membangun Indonesia’ akhirnya resmi menutup pendaftaran dan menjaring sebanyak 445 foto dari berbagai daerah di Indonesia.

“Antusias peserta cukup banyak mengirimkan karya-karyanya terbaiknya hingga ditutup malam tadi. Ini membuktikan bahwa masyarakat senang akan kinerja Pak Jusuf Kalla selama menjabat sebagai Wapres,” ujar Ketua Panitia Lomba, Idham AMA di Makassar, Selasa, (16/4).

Menurutnya, lomba foto tersebut memang dipersembahkan atas kinerja Jusuf Kalla selama menjabat Wapres dua kali, baik di masa pemerintahan mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono maupun bersama Presiden Joko Widodo.

Foto yang sudah masuk, kata dia, akan dikurasi atau diseleksi tim dari Pewarta Foto senior Tawakkal Basri (Harian Fajar), beserta Ketua PFI Makassar Ocha Alim Bahri (Harian Tribun Timur) serta Ketua PFI Pusat Lucky Pransiska (Harian Kompas) dan Fotografer Istana Wakil Presiden Jeri Wongiyanto.

“Rencananya juri kehormatan Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Rudi Antara beserta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syarifudin juga akan menilai foto-foto ini untuk dijadikan pemenang,” tutur Fotografer Harian Fajar itu.

Mengenai dengan pengumuman pemenang lomba foto, lanjutnya, dijadwalkan pada pertengahan ramadhan tahun ini dirangkaikan dengan pameran foto sekaligus peluncuran buku foto ‘JK Dari Timur Membangun Indonesia’ di Mal Nipah, Jalan Urip Sumoharjo Makassar.

“Dari jadwal yang kami terima, pak Jusuf Kalla berkenan hadir pada acara puncak pada 26 Mei 2019 dan dirangkaikan pameran 77 foto terbaik sekaligus peluncuran buku foto JK. Karya-karya yang masuk merupakan hasil foto terbaik selama pelaksanaan lomba,” tambahnya.

Sebelumnya, Panitia pelaksana telah bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla di kediaman pribadinya pada Februari lalu untuk meminta restu mempersembahkan foto-foto terbaik karya anak negeri atas kinerja pemerintahannya selama menjabat.

“Ini kegiatan yang sangat baik, silahkan dilanjutkan,” tutur Jusuf Kalla kepada pengurus PFI Makassar saat bertemu di kediaman pribadinya, Jalan Haji Bau Makassar, Minggu (24/2/2019).

Tidak hanya itu, lomba sealigus pameran ini sebagai bentuk dedikasi terhadap karya foto termasuk memberikan persembahan Hari Ulang Tahun kepada HM Jusuf Kalla yang akan berusia 77 tahun.

Fotografer Istana Wakil PresidenJeri Wongiyanto sebagai Tim Pengarah mengatakan, kegiatan digagas PFI Makassar sebagai wujud kebanggaan dan kecintaan fotografer terhadap sosok Jusuf Kalla yang selama ini dinilai berhasil memberikan perubahan terhadap pembangunan di Indonesia.

“Ada kebanggaan para fotografer kepada pak JK sehingga kegiatan ini dilaksanakan. Pak Jusuf Kalla adalah tokoh berasal dari timur yang membanggakan serta memiliki jiwa negarawan. Kegiatan ini sekaligus persembahan terbaik menjelang berkahirnya masa tugas pak JK sebagai Wapres,” tambah Jeri.

Lomba foto tersebut dimulai pada 1 Maret dan berakhir pada 15 April 2019 pukul 23.59 waktu setempat. Foto-foto terbaik ini selanjutnya akan dikurasi dan ditetapkan sebagai pemenang kemudian di pamerkan pada puncak acara 26 Mei 2019. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.