Kanker Serviks Bisa Menular?

Selasa, 16 April 2019 - 08:57 WIB

FAJAR.CO.ID–Kanker serviks terus menjadi momok bagi sebagian besar wanita. Pasalnya, penyakit tersebut tergolong sulit dideteksi dini lantaran gejala yang mirip dengan masalah kesehatan lainnya.

Tak cuma itu, kanker serviks juga bisa menular dari satu orang ke orang lainnya, karena penyakit tersebut disebabkan infeksi virus.

Kanker serviks itu sendiri adalah pertumbuhan sel-sel abnormal di bagian terbawah rahim yang berhubungan dengan vagina (serviks). Sel-sel sehat tumbuh pada laju yang telah ditentukan, dan akan mati pada waktu tertentu. Sedangkan, sel-sel abnormal (kanker) akan terus tumbuh, berkembang di luar kontrol, dan tidak dapat mati.

Akumulasi dari sel-sel abnormal tersebut akan membentuk tumor (massa/benjolan) yang akan menginvasi jaringan di sekitarnya, bahkan menyebar ke organ lain di dalam tubuh.

Penyebab kanker serviks

Faktanya, penyebab pasti kanker serviks masih belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Akan tetapi, sekitar 70 persen kasus kanker serviks bermula dari infeksi Human papillomavirus (HPV) tipe 16 dan 18, yang terjadi melalui hubungan seksual berisiko.

Di dalam tubuh manusia, virus HPV memproduksi dua protein, yakni E6 dan E7. Kedua hormon tersebut mematikan fungsi beberapa gen penekan tumor.

Sebagai akibatnya, sel-sel serviks akan tumbuh tidak terkendali dan mengalami perubahan gen lebih lanjut. Ujung-ujungnya, muncullah kanker.

Meski begitu, HPV bukanlah satu-satunya penyebab kanker serviks. Sebagian besar wanita dengan infeksi HPV tidak mengalami kanker serviks.

Nyatanya, virus tersebut memiliki ratusan tipe dan sebagian besar hanya menimbulkan infeksi ringan. Ini artinya, virus HPV tidak berdiri sendiri melainkan ada faktor lain yang juga ikut ambil peran, seperti kebiasaan merokok, pola makan tidak sehat, infeksi HIV, dan penggunaan pil KB jangka panjang lebih dari 10 tahun. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.