Katedral Notre Dame di Paris Terbakar

Selasa, 16 April 2019 - 21:30 WIB
Salah satu landmark paling terkenal di Prancis, katedral abad pertengahan Notre Dame di Paris terbakar (AP)

FAJAR.CO.ID— Salah satu landmark paling terkenal di Prancis, katedral abad pertengahan Notre Dame di Paris terbakar. Dilansir dari BBC pada Selasa (16/4), petugas pemadam kebakaran berjuang untuk menyelamatkan bangunan terkenal yang berusia 850 tahun tersebut, meskipun menara dan atapnya telah runtuh.

Penyebab kebakarannya belum jelas. Namun para pejabat mengatakan itu bisa dikaitkan dengan renovasi. Seorang pejabat pemadam kebakaran Paris mengatakan, struktur utama sekarang telah diselamatkan. Kantor kejaksaan Paris mengatakan, telah membuka penyelidikan tentang kebakaran yang diprediksi terjadi karena tidak sengaja tersebut.

Semua upaya sekarang sedang dilakukan untuk menyelamatkan katedral dan mencegah runtuhnya menara utara. Ribuan orang berkumpul di jalan-jalan di sekitar katedral, mengamati nyala api dalam keheningan.

Beberapa terlihat menangis, sementara yang lain menyanyikan lagu-lagu pujian atau berdoa. Beberapa gereja di sekitar Ibu Kota Prancis telah membunyikan lonceng mereka dalam menanggapi kobaran api tersebut.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan, apa yang dirasakannya sama dengan yang dirasakan umat Katolik dan semua orang Prancis. “Seperti semua bangsaku, saya sedih malam ini melihat bagian kita terbakar,” katanya.

Macron sebelumnya membatalkan acara pidato TV yang penting bagi negara karena kebakaran itu. Ini menurut seorang pejabat Istana Élysée. (jpc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *