Lawan 7 Penyakit dengan Rebusan Daun Ketumbar

Selasa, 16 April 2019 - 09:19 WIB

FAJAR.CO.ID–Biji ketumbar seringkali digunakan sebagai bumbu dapur untuk membuat masakan lebih sedap. Tak hanya bijinya, yang punya khasiat untuk kesehatan, ternyata daunnya juga. Ketumbar mengandung nilai gizi tinggi vitamin, mineral, dan serat yang semuanya penting untuk fungsi tubuh.

Daun ketumbar juga disebut peterseli Cina, dan berasal dari keluarga Apiaceae. Daun ketumbar segar dapat ditambahkan ke salad, atau ditambahkan sebagai hiasan pada hidangan. Atau juga dapat ditambahkan ke semur dan saus untuk menambahkan sedikit rasa lemon-lime yang tajam.

Jika ingin mengosumsi daun ketumbar dengan cara berbeda, Anda bisa membuat menjadi teh. Gunakan daun segar atau daun kering ketumbar kemudian direbus.

Untuk hasil optimal, rendam sepanjang hari lalu diminun setelah beberapa jam. Minum teh daun ketumbar satu atau dua cangkir sehari bisa menjaga kondisi kesehatan seperti dilansir dari NDTV, Senin (15/4).

Turunkan Kolesterol

Ada asam lemak alami dalam ketumbar yang membantu menurunkan kadar kolesterol, termasuk asam absorbat atau yang lebih dikenal sebagai vitamin C, asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, dan asam stearat. Daun ketumbar juga bekerja untuk mengurangi kolesterol jahat berbahaya yang dapat terbentuk di bagian dalam arteri dan vena yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Ini akan bekerja untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL sehat.

Ada banyak orang mengalami peradangan kulit termasuk eksim, dermatitis, psoriasis, dan ruam srta gatal-gatal akibat alergi. Daun ketumbar mengandung banyak senyawa, termasuk cineole dan asam linoleat yang mengurangi peradangan dan pembengkakan. Ketumbar juga memiliki sifat detoksifikasi dan antiseptik khusus.

Obati Pencernaan

Apakah menderita diare, keracunan makanan, atau intoleransi makanan, mengonsumsi daun ketumbar dapat membantu menyembuhkan sistem pencernaan lebih cepat. Senyawa alami dari borneol dan linalool secara alami membantu pencernaan, membantu hati untuk bekerja, dan menjaga usus bekerja secara alami. Daun ketumbar juga memiliki sifat anti-mikroba dan anti-jamur untuk menyembuhkan diare yang disebabkan oleh ketidakseimbangan organisme dalam tubuh.

Cegah Anemia

Banyak orang menderita kekurangan zat besi yang dapat menyebabkan kekurangan gizi yang menyebabkan kulit pucat, kelelahan, kelelahan, stres, dan bahkan jantung berdebar. Solusinya adalah mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung zat besi. Daun ketumbar memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang dapat bermanfaat bagi setiap organ dalam tubuh. Ini akan membantu meningkatkan kekuatan dan energi secara keseluruhan.

Atasi Nyeri Menstruasi

Ketidakseimbangan hormon menyebabkan rasa sakit, sakit kepala, lekas marah, kembung, dan pembengkakan perut bagian bawah pada perempuan selama haid. Daun ketumbar secara alami dapat bekerja dengan mendorong sekresi yang tepat dari kelenjar endokrin sehingga siklus menstruasi kembali ke keseimbangan normal.

Kesehatan Tulang

Daun ketumbar juga mengandung kadar kalsium yang tinggi sehingga bermanfaat untuk semua umur, termasuk orang yang punya gen osteoporosis. Bisa digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk mencegah erosi struktur tulang yang sehat.

Atur Gula Darah

Daun ketumbar juga dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula darah abnormal. Merangsang kelenjar endokrin sehingga sekresi insulin meningkat oleh pankreas. Lalu menyediakan lebih banyak insulin ke darah sehingga dapat mengubah gula menjadi energi dengan lebih baik. Maka akan secara alami menurunkan kadar gula dalam darah. Namun tetap untuk penderita diabetes agar berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi terlebih dahulu. (jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.