Preview Barcelona vs MU: Akhiri Trauma Messi Cs                    

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Barcelona bertekad mengakhiri trauma perempatfinal mereka di Camp Nou, dinihari nanti. Namun, Raksasa Catalan harus tetap menunjukkan hormatnya pada Manchester United.

Kalau melihat statistik, langkah Barca ke semifinal Liga Champions 2018/2019 mestinya mulus dan duel ini akan jadi Mission Impossible bagi Setan Merah. Selain sudah unggul 1-0 di leg pertama, pasukan Ernesto Valverde juga punya rekor kandang impresif.

Barcelona sejauh ini tidak terkalahkan dalam 30 pertandingan kandang Liga Champions, yang dimulai pada September 2013. Selama periode itu, mereka meraih 27 kemenangan dan tiga kali imbang.

Kemenangan mereka atas Lyon di leg kedua babak 16 besar bulan lalu bahkan mengantar Raksasa Catalan melampaui rekor Bayern Munchen. Sebelumnya, FC Hollywood menjadi klub dengan torehan kandang terbaik kompetisi ini dimana mereka tidak pernah menderita kekalahan dalam 29 laga di Allianz Arena antara Maret 1998 hingga April 2002.

Data yang dilansir UEFA makin menunjukkan bagaimana besarnya peluang Barcelona. Menurut situs resmi UEFA, Barca lolos 36 kali dari 38 kesempatan ketika mereka memenangkan leg pertama di kandang lawan di kompetisi UEFA. Paling baru, mereka mengeliminasi Arsenal di babak 16 besar Liga Champions 2016 lalu.

Tujuh dari kemenangan agregat dalam fase knockout itu terjadi setelah kemenangan tandang 1-0 di leg pertama. Itu termasuk yang terakhir kala tim berjuluk Blaugrana itu melawan Schalke di perempat final Liga Champions musim 2007/2008.

Akan tetapi, Barca yang tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan terakhir mereka di Liga Champions dalam tiga musim terakhir juga punya tren buruk dimana mereka selalu tersingkir di babak delapan besar. Setelah dieliminasi Atletico Madrid dengan agregat 2-3 pada musim 2015/2016, setahun berikutnya mereka disingkirkan Juventus usai kalah 0-3 di Turin dan hanya bermain kacamata di Camp Nou.

Yang terakhir dan paling menyakitkan adalah musim lalu. Sukses menghajar AS Roma dengan skor 4-1 di leg pertama, semua orang sudah memprediksi mereka akan melaju ke empat besar. Namun, mereka secara mengejutkan takluk 0-3 di Roma dan tersingkir karena kalah gol tandang.

Bukan itu saja, MU yang akan datang bertamu sudah “tahu” cara melakukan comeback dari ketertinggalan di kandang. Pelajaran itu mereka dapat usai menyingkirkan Paris saint Germain (PSG) di Prancis pada leg kedua babak 16 besar dengan kemenangan 3-1 setelah sebelumnya kalah 0-2 di Old Trafford.

Makanya, bek Barca, Gerard Pique sejak awal memperingatkan rekan setimnya bahwa mereka harus tetap memberi respek pada MU. “Kami telah melihat situasi dengan United melawan PSG di babak sebelumnya. Mereka memiliki keuntungan lebih besar dan lihat apa yang terjadi,” kata Pique di Football Espana.

Peringatan senada dilontarkan Arturo Vidal. Gelandang timnas Cile itu menyebut laga ini bakal berat dan mereka mesti fokus. “Liga Champions adalah impian bagi semua orang. Kami akan bergerak langkah demi langkah. Pertama, kita memiliki Manchester United dan kemudian kita akan mencari tiga poin lagi di liga,” ujarnya di beIN Sport.

Paul Pogba yang baru saja mencetak dua gol untuk membantu timnya mengalahkan West Ham United dengan skor 2-1 di Premier League menegaskan keyakinannya bahwa Barca memang tidak akan berani meremehkan mereka. “Mungkin Paris akan ada dalam pikiran mereka, pasti, karena mereka melihat apa yang bisa kita lakukan melawan PSG,” klaim Pogba di situs MU.

Walau begitu, Pogba memastikan ini tidak akan mudah. “Kita harus memberikan segalanya. Kita harus menghindari memberi mereka peluang di Nou Camp dan menjadi pembunuh di depan gawang. Kami Kami harus tetap percaya. Ini pertandingan Liga Champions dan kami tahu kami bisa melukai mereka, juga mereka bisa melukai kami,” tandasnya.

Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer juga mengharapkan timnya kembali membuat kejutan di Camp Nou. “Mereka tidak terbiasa kalah di kandang tetapi kita bisa melakukannya, tidak diragukan lagi,” tegas pelatih asal Norwegia tersebut. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Busquest, Rakitic, Arthur; Messi, Suarez, Coutinho

Manchester United (4-3-3): De Gea; Rojo, Lindeloef, Smalling, Young; Fred, McTominay, Pogba; Lukaku, Rashford, Martial

 

KAMUS LOLOS SEMIFINAL

Barcelona lolos jika:

Menang

Imbang

Manchester United lolos jika:

Menang minimal dua gol (unggul agregat)

Menang satu gol dengan catatan mencetak minimal dua gol (2-1, 3-2, dst lolos dengan keunggulan gol tandang)

Jika laga berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan MU, pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan waktu

 

Head to head

10/04/19 Manchester United 0-1 Barcelona

27/07/17 Barcelona 1-0 Manchester United

25/07/15 Barcelona 1-3 Manchester United

08/08/12 Manchester United 0-0 Barcelona

31/07/11 Barcelona 1-2 Manchester United

Lima pertandingan terakhir Manchester United

13/04/19 Manchester United 2-1 West Ham United

10/04/19 Manchester United 0-1 Barcelona

02/04/19 Wolverhampton 2-1 Manchester United

30/03/19 Manchester United 2-1 Watford

16/03/19 Wolverhampton 2-1 Manchester United

Lima pertandingan terakhir Barcelona

13/04/19 Huesca 0-0 Barcelona

10/04/19 Manchester United 0-1 Barcelona

06/04/19 Barcelona 2-0 Atletico Madrid

02/04/19 Villareal 4-4 Barcelona

30/03/19 Barcelona 2-0 Espanyol

 

KEY PLAYERS

MANCHESTER UNITED

Top skor

Romelu Lukaku: 2

Paul Pogba: 2

Marcus Rashford: 2

Top assist

Ashley Young: 1

Romelu Lukaku: 1

Paul Pogba: 1

BARCELONA

Top skor

Lionel Messi: 8

Ousmane Dembele: 3

Gerard Pique: 2

Top assist

Lionel Messi: 3

Luis Suarez: 3

Jordi Alba: 3

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment