Preview Juventus vs Ajax: Butuh “Si Alien” di Allianz

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, TURIN—Juventus membutuhkan sihir Cristiano Ronaldo saat menjamu Ajax di Allianz Stadium pada leg kedua babak delapan besar Liga Champions. Pemain yang dicap alien itu diharapkan kembali menggila seperti saat menggilas Atletico Madrid.

Tiga gol luar biasa dilesakkan Ronaldo saat membantu Si Nyonya Tua melakukan comeback luar biasa di babak 16 besar Liga Champions. Hattrick tersebut memastikan Juventus unggul agregat 3-2 setelah pada leg pertama mereka kalah 0-2 di Wanda Metropolitano.

Penampilan ciamik top skor sepanjang masa Liga Champions dengan 125 gol itu akan kembali dinanti-nanti publik Allianz Stadium, dinihari nanti. Pasalnya, Bianconeri saat ini masih membutuhkan kemenangan untuk melangkah ke babak semifinal.

Di leg pertama di Amsterdam, Ronaldo sudah memamerkan insting predatornya. Di tengah serangan bergelombang tuan rumah, sundulan sambil terbangnya membuat Juve sempat unggul terlebih dahulu sebelum David Neres meyamakan kedudukan sekaligus memastikan laga berakhir 1-1.

Bagi Ronaldo, itu adalah gol kedelapannya ke gawang Ajax dalam lima pertandingan di Liga Champions. “Ronaldo membuktikan sekali lagi dia adalah pemain dari level yang berbeda. Waktu dan gerakannya berbeda dengan orang lain,” kata Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri seperti dikutip dari Sky Sports Italia.

Selain Ronaldo, Allegri punya opsi pembunuh lain; Moise Kean. Penyerang berusia 19 tahun itu terus menunjukkan ketajamannya dan sudah mencetak tujuh gol dalam tujuh pertandingan terakhirnya di semua kompetisi. Ia tentu bisa jadi senjata cadangan untuk menghabisi Ajax yang sudah tidak terkalahkan dalam 16 dari 17 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions

“Dia memiliki karakteristik yang berbeda dengan Mario Mandzukic, tetapi jelas memiliki dia dalam bentuk ini adalah penting dan saya akan mengevaluasi apa yang harus dilakukan pada hari Selasa (Rabu). Paulo Dybala bergerak dengan baik dan memiliki permainan yang bagus, jadi pasti ada respons positif yang mengarah ke hari Selasa (Rabu),” jelasnya.

Walau punya banyak amunisi berbahaya, Allegri tak ingin meremehkan Ajax yang menyingkirkan juara bertahan, Real Madrid di babak 16 besar. “Ajax selalu bermain dengan cara yang sama, tidak masalah apakah mereka bermain di kandang atau dalam lawatan. Itu berarti kami harus bermain bagus dan sangat menghormati mereka. Ini pertandingan sulit melawan tim yang sangat mengesankan,” kata sang pelatih kepada JTV.

Bermodal kemenangan 6-2 atas Excelsior di laga teranyar mereka, Pelatih Ajax, Erik ten Hag menegaskan kesiapan timnya menghadapi Si Nyonya Tua. “Tentu saja, poster besar sedang menunggu dan banyak yang dipertaruhkan, tetapi kita harus fokus pada bidang yang berbeda,” kata Ten Hag di FOX Sports.

Bek Matthijs de Ligt menambahkan, ia dan rekannya menantikan duel kontra Juventus dengan penuh percaya diri. Makanya, meski sedikit lelah dengan jadwal, kapten Amsterdammers itu siap kembali mengawal Ronaldo. “Saya berharap Juventus memberikan lebih banyak tekanan. Motivasi kami bagus. Saya benar-benar menantikannya,” ujar De Ligt di Voetbal Primeur.

Frenkie de Jong sempat membuat khawatir kubu Ajax setelah mengalami hamstring dan harus digantikan oleh Jurgen Ekkelenkamp di laga terakhir. Tapi, De Jong tetap berada dalam daftar pemain yang ikut dibawa ke Italia. Dengan begitu, hanya bek kiri Nicolas Tagliafico yang dipastikan tidak bisa membela Ajax.

Sebaliknya, tuan rumah yang tidak terkalahkan dalam 5 pertandingan terakhir mereka melawan Ajax di semua kompetisi akan kehilangan Mattia Perin, Douglas Costa, serta Juan Cuadrado. Giorgio Chiellini dan Emre Can juga masih akan ditunggu perkembangan terakhirnya. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Juventus (4-3-3): Szczesny; Cancelo, Bonucci, Chiellini, Alex; Pjanic, Bentancur, Matuidi; Bernardeschi, Mandzukic, Ronaldo

 

Ajax (4-2-3-1): Onana; Veltman, Ligt, Blind, Kristensen; Beek, F. Jong; Schone, Ziyech, Neres; Tadic

 

Head to head

10/04/19 Ajax 1-1 Juventus

25/02/10 Juventus 0-0 Ajax

18/02/10 Ajax 1-2 Juventus

23/11/04 Juventus 1-0 Ajax

15/09/04 Ajax 0-1 Juventus

Lima pertandingan terakhir Ajax

13/04/19 Ajax 6-2 Excelsior

10/04/19 Ajax 1-1 Juventus

06/04/19 Willem II 1-4 Ajax

03/04/19 FC Emmen 2-4 Ajax

31/03/19 Ajax 3-1 PSV Eindhoven

Lima pertandingan terakhir Juventus

13/04/19 SPAL 2-1 Juventus

10/04/19 Ajax 1-1 Juventus

06/04/19 Juventus 2-1 AC Milan

02/04/19 Cagliari 0-2 Juventus

30/03/19 Juventus 1-0 Empoli

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...