Tiga Unit Mobil Dirazia, Diduga Akan Lakukan Serangan Fajar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,RIAU–Sebanyak 3 unit mobil terjaring razia tim gabungan dari Bawaslu Riau, Polres Kampar dan Batalyon 132 Salo di Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (15/4) kemarin. Saat itu, tim menemukan adanya bahan kampanye di dalam mobil tersebut.

Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan mengatakan, razia berlangsung sekitar pukul 21.00-24.00 WIB. “Tim gabungan melakukan razia terhadap setiap kendaraan yang diduga membawa barang untuk melakukan money politik,” katanya, Selasa (16/4).

Razia ini dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Surat Edaran Bawaslu Nomor 856/K.BAWASLU/PM.00.00/4/2019 tentang Pengawasan Masa Tenang. “Dalam patroli dan razia itu, Bawaslu Riau bersama tim patroli menemukan ratusan bahan kampanye berupa kartu nama, contoh surat suara dan kalender,” sebutnya.

Barang-barang kampanye itu, imbuh Rusdan merupakan milik calon legislatif (Caleg) DPRD Riau Dapil Kampar dan Caleg DPRD Kabupaten Kampar Dail 1. “Itu ditemukan di dalam 3 mobil yang terjaring razia,” bebernya.

Untuk selanjutnya, para sopir yang membawa mobil itu diamankan oleh tim lalu diinterogasi. Dari pengakuan para sopir tersebut, barang-barang tersebut merupakan sisa-sisa dari kampanye lalu. “Mereka secara sukarela memberikan bahan kampanye tersebut kepada tim patroli. Silakan saja diambil pak, itu bahan sisa waktu kampanye kemarin (pada masa tahapan kampanye) kata mereka,” ujarnya.

Atas temuan ini, Rusidi mengimbau kepada setiap pengemudi yang terjaring untuk tidak melakukan kegiatan yang berbau kampanye. Sebab, saat ini sudah memasuki masa tenang.

“Sekarang ini sudah masuk masa tenang, jadi untuk kampanye dialogis dan sebagainya sudah tidak diperbolehkan lagi, dan segera laporkan jika bapak melihat atau mengetahui adanya money politik (bagi-bagi uang) sebelum atau ketika hari pencoblosan kepada pengawas kami,” pungkasnya. (jpc) 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...