Tiongkok Sukses Uji Coba Jaringan 5G

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, TIONGKOK–China Mobile berhasil melakukan trial alias uji coba jaringan 5G. Perusahaan telekomunikasi asal Tiongkok itu menguji coba 5G, tanpa melakukan penggantian kartu dan nomor untuk panggilan suara.

Saat menguji untuk panggilan telepon, perangkat menggunakan jaringan inti NSA dan jaringan IMS yang ditingkatkan dari jaringan 4G. Jadi panggilan antara smartphone 5G dapat diaktifkan tanpa mengubah kartu dan nomor. Kualitas dari panggilan suara 5G itu diklaim sangat bagus.

Pada 9 April lalu, China Mobile Beijing Company menyelesaikan peningkatan versi NSA dari peralatan jaringan inti. Setelah upgrade, jaringan inti dan jaringan IMS mendapat fungsionalitas 5G. Sederhananya, jaringan China Mobile kini dapat digunakan smartphone yang mendukung 5G atau terminal 5G lainnya. Tes pertamanya sendiri diadakan pada 12 April.

Untuk urusan pita frekuensi, pada Desember tahun lalu, Departemen Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok resmi menyetujui uji coba 5G dari tiga operator utama. China Mobile disetujui untuk pita frekuensi uji 2,6 GHz dan 4,9 GHz.
Ini berarti operator besar mempercepat pembangunan jaringan 5G. Diperkirakan batch pertama dari smartphone 5G akan diluncurkan pada paruh kedua tahun ini. Beberapa kota mungkin menggunakannya terlebih dahulu, termasuk Beijing.

Sementara untuk smartphone berkemampuan 5G pertama, sebagian besar merek top telah menyiapkan perangkatnya masing-masing dan akan memasuki pasar dalam waktu terdekat. Pun dengan pabrikan Tiongkok. Jadi logis bahwa Tiongkok akan menjadi salah satu negara pertama yang beralih ke komunikasi generasi kelima secara komersial. Fakta ini bahkan diterima oleh pemerintah Amerika Serikat (AS). (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...