8 Manfaat Makan Pisang yang Jarang Diketahui

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Meski tak memiliki banyak air, pisang masih menjadi salah satu buah favorit karena rasanya yang manis dan mengenyangkan. Pisang sendiri mengandung beberapa mineral yang baik bagi tubuh seperti kalium, mangan, serat, tembaga, vitamin C, vitamin B6, dan biotin.

Baca Juga: 5 Langkah Atasi Jerawat

Biasanya, tanda pisang sudah matang yakni dengan ciri bintik hitam pada kulit. Sehingga jangan ragu memakan pisang meskipun kulitnya terlihat berbintik alias tak mulus.

Namun sayangnya, jika pisang terlalu matang, masih ada masyarakat yang enggan memakannya. Padahal, pisang yang terlalu matang bisa berkontribusi bagi kesehatan.

Baca Juga:Minum Jus Daun Pepaya, Ini 6 Manfaatnya

Terlebih dengan kandungan mineral dan vitamin yang banyak, pisang yang terlalu matang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Seperti dilansir dari Boldsky, Rabu (17/4), ada delapan manfaat yang bisa dirasakan masyarakat dari pisang.

Mencegah Merusakan Sel

Pisang mengandung antioksidan, yang berfungsi dalam menunda kerusakan sel yang disebabkan oleh sel radikal. Ini membantu dalam menurunkan risiko penyakit.

Menurunkan Tekanan Darah

Pisang yang terlalu matang tinggi kalium dan rendah natrium. Konsumsi teratur dapat membantu mengatur aliran darah dan membersihkan segala penyumbatan di arteri. Ini membantu mencegah stroke dan serangan jantung, karena sistem peredaran darah Anda berfungsi secara efisien.

Meredakan Mulas

Buah ini bertindak sebagai antasid ketika menjadi terlalu matang. Buah yang tertutup bintik-bintik coklat membantu menenangkan iritasi dan memberikan kelegaan.

 Mencegah Anemia

Kaya zat besi, makan pisang yang terlalu matang secara alami dapat membantu meningkatkan kadar darah Anda. Ini adalah salah satu solusi terbaik untuk mengobati anemia

Meningkatkan Energi

Kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi pada pisang yang terlalu matang berperan sebagai penambah energi alami. Makan dua pisang yang terlalu matang dapat memberi Anda energi yang cukup untuk latihan selama 90 menit.

Mencegah Kanker

Salah satu keuntungan yang ditawarkan pisang yang terlalu matang adalah kemampuannya untuk memerangi kanker. Bintik-bintik gelap yang muncul pada kulit pisang menciptakan Tumor Necrosis Factor (TNF), suatu zat yang dapat membunuh sel-sel kanker dan abnormal.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti disebutkan di atas, pisang yang terlalu matang kaya akan kalium dan rendah natrium, yang dapat bermanfaat untuk mengelola kadar kolesterol Anda. Kandungan serat dalam buah membantu dalam mengurangi risiko penyakit jantung, dan kandungan tembaga dan besi membantu meningkatkan serta mempertahankan jumlah darah dan kadar hemoglobin.

Meredakan Sembelit

Kaya serat, pisang yang terlalu matang adalah jawaban utama untuk mendapatkan bantuan dari sembelit. Mereka mengatur pergerakan usus Anda, membuatnya lebih mudah untuk keluar dari sistem pencernaan Anda. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment