Amien Rais Serukan Amankan C1 Pakai Smartphone

Rabu, 17 April 2019 - 09:54 WIB

FAJAR.CO.ID, DEPOK–Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menyalurkan hak pilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 123, Kelurahan Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ).

Ia berharap Pemilu 2019 bisa berjalan adil dan transparan. “Jadi saya melihat pemilu yang mudah-mudahan adil, transparan,” ucap Amien Rais usai mencoblos, Rabu (17/4).

Baca Juga: People Power, Giliran Akbar Tanjung Sindir Amien Rais

Mantan Ketua MPR RI ini juga mengajak semua anak bangsa mengawal proses pemilu. Salah satunya dengan mengabadikan formulir C1 atau rekapitulasi penghitungan suara di TPS menggunakan smartphone masing-masing.

“Untuk semua anak bangsa, begitu selesai (pemungutan suara) nanti C1 baru diamankan lewat handpone. Andai kata nanti geseh atau kekurangan atau tidak sama bisa dicek kembali,” imbau Amien Rais.

Amien menekankan, hulu dari gelaran pemilu berada di TPS. Sedangkan hilirnya di KPU RI. “Jadi kalau hulunya aman, ya sudah. Penghitungan berdasarkan pengumpulan suara di kecamatan dan desa. Kabupaten, kota berdasar kecamatan. Provinsi dari kabupaten dan kota, nasional dari provinsi,” ucapnya.

Amien Rais menuju TPS dari kediamannya dengan berjalan kaki. Datang sekitar pukul 07.30 WIB, ia kemudian ikut antrean bersama para tetangganya. Sekitar pukul 08.05 WIB, Amien Rais baru menyalurkan hak pilih di bilik suara. (jp)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.