Diskusi Ringan Emak-Emak di Depan TPS, Ajak Pilih yang Ganteng

Rabu, 17 April 2019 - 10:46 WIB
Suasana antrean warga di TPS 01, Dusun Kalokko Desa Marannu Kecamatan Lau Maros.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hari ini 17 April 2019 adalah hari bersejarah bangi bangsa Indonesia. Perdana, Indonesia melakukan pemilihan umum serentak yaitu pemilihan legislatif dan pemilihan presiden-wakil presiden.

Untuk Pilpres, pemilu kali ini diikuti dua pasangan calon, petahana Joko Widodo-Maruf Amin dan penantang Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Masa kampanye yang cukup panjang sekitar 8 bulan, menyita banyak energi, tidak terkecuali diskusi dan perdebatan yang sengit antara dua kubu.

Diskusi siapa yang akan dipilih masih saja terjadi di pintu Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari H pencoblosan hari ini.

Misalnya, di TPS 53 RT RW 01/11, Kelurahan Pondok Cabe Udik, Kecamatan Pamulang, Kota Tengerang Selatan, Banten, beberapa emak-emak “terlibat” diskusi kecil siapa yang akan dicoblos.

Enam sampai tujuh emak-emak yang berdiri di pintu TPS 53 melihat contoh surat suara yang ditempel. Ada contah surat suara Pilpres, DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kota dan DPD RI.

Persis di depan contoh surat suara Pilpres yang ada gambarnya, seorang emak berkerudung mengatakan akan memilih yang ganteng sambil menunjuk foto Sandiaga Uno, setelah ditanya temannya siapa yang akan dia pilih.

Dan seorang emak yang lain menyeletuk, apa tidak sebaiknya memilih calon presiden yang baru pulang umrah sambil menunjuk foto Joko Widodo. Celetukan itu disambar emak yang lain, dia mengatakan Sandiaga juga baru pulang umrah.

Memang, baik Jokowi maupun Sandiaga melakukan ibadah umrah pada masa tenang pemilu kemarin. Bedanya, foto umrah Jokowi dan keluarga diviralnya, sementara Sandiaga tidak terlalu diekspos.

Setelah melihat dan memperhatikan surat suara pemilu, satu persatu emak-emak itu dipanggil oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk menyalurkan aspirasi mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.