Dosen Komunikasi UIN Harapkan Pemilu Adil dan Kondusif

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Masyarakat Indonesia, Khususnya Sulawesi Selatan diminta untuk kondusif pada perhelatan pesta demokrasi yang digelar serentak seluruh Indonesia pada, Rabu, 17 April.

Sekretaris Pengurus Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Haidir Fitra Siagian menjelaskan bahwa, pemilihan ini sangat dianjurkan kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya serta meninggalkan segala hal yang dapat memicu konflik terjadi.

“Aspirasi masyarakat nantinya yang akan dikawal oleh seluruh anggota legislatif yang terpilih. Olehnya itu, masyarakat harus menggunakan hak pilihnya. Agar ikut berpartisipasi. Hindari juga bentuk-bentuk yang bertentangan. Seperti perkelahaian atau keributan,” ucapnya.

Selain itu, ia juga berpesan kepada seluruh calon anggota legislatif bahwa pada pemilihan ini tentunya sebuah pertarungan.

“Ada kalah dan menang. Itu semua bagian dari proses. Bagi yang menang harus menjalankan kepemimpinan sesuai yang diharapkan oleh masyarakat. Sementara yang kalah agar tetap legowo dan ikhlas menerima kenyataan,” jelasnya.

Sementara itu, ia juga berharap kepada seluruh pendukung baik untuk caleg maupun pilpres agar tetap menerima semua keputusan yang ditetapkan nantinya.

“Masyarakat juga tidak boleh diintimidasi. Tidak boleh ada politik uang. Sebab semua itu bagian dari anti demokrasi yang tidak boleh dibiarkan. Harapan kita pemilu ini untuk meraih pemimpin yang demokratis,” bebernya.

Dosen Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar ini juga berpesan kepada seluruh penyelenggara pemilu agar menyelesaikan seluruh proses pemilihan dengan seadil-adilnya.

“Khusus untuk penyelenggara juga agar melaksanakan pemilu ini dengan adil. Tidak ada kecurangan yang boleh dilakukan oleh penyelenggara. Hal ini agar dapat membawa bangsa ini menjadi lebih baik kedepannya,” paparnya.(fit)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment