People Power, Giliran Akbar Tanjung Sindir Amien Rais

Rabu, 17 April 2019 - 08:50 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Mantan Ketua Umum Partai Golkar, Akbar Tanjung menyindir pihak-pihak yang menyuarakan kekuatan rakyat atau people power, jika sampai ada kecurangan di Pemilu 2019.

Ketua DPR periode 1999-2004 itu, menilai pihak-pihak yang menggaungkan people power hanya berorientasi pada kepentingan politik pribadi.

Baca Juga: Ancam People Power, Amien Rais Dinilai Sosok Politikus Cengeng

Menurut Akbar, people power tidak relevan di negara demokrasi. “Katakanlah people power, seolah ada keributan mana ada keributan. Enggak ada kan?” ujarnya di rumahnya, kawasan Jakarta Selatan, Selasa 916/4) malam.

Akbar meminta pihak mana pun tidak mudah menggumbar prasangka. Menurutnya, rasa curiga yang berlebihan justru seakan-akan menginginkan konflik.

“Kalau kualitas demokrasi sudah meningkat, keributan dalam konteks konflik-konflik itu, saya yakin makin kecil kemungkinan terjadi. Dalam politik memang ada kepentingan pasti. Manajemen konflik harus kita jaga,” ungkap Akbar.

Baca Juga: Amien Rais: Pemilu Curang, People Power Akan Bergerak

Sebelumnya, Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais mengancam akan menggunakan kekuatan rakyat jika kecurangan mewarnai pelaksanaan Pemilu 2019. Menurutnya, membawa sengketa pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK) tak akan ada gunanya.

“Kalau nanti terjadi kecurangan, kami enggak akan ke MK. Enggak ada gunannya, tetapi kami people power. People power sah,” kata Amien di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (31/3). (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *