Selebrasinya Jadi Sorotan, Valverde Minta Coutinho Beri Penjelasan

Rabu, 17 April 2019 - 06:38 WIB
Selebrasi Philippe Coutinho/Getty Images

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Barcelona menang 3-0 atas Manchester United di leg kedua babak delapan besar Liga Champions. Selain dua gol sang kapten, Lionel Messi, Barca juga mendapat satu gol dari Philippe Coutinho.

Di luar pujian bagi Messi, selebrasi gol Philippe Coutinho menjadi pemberitaan hangat usai pertandingan ini. Sesaat setelah menaklukkan kiper MU, David de Gea, playmaker asal Brasil itu merayakannya dengan meletakkan jari-jarinya di telinganya dalam apa yang tampaknya menjadi pesan bagi mereka yang telah mengkritiknya.

Pelatih Juventus, Ernesto Valverde sendiri mengaku tidak memperhatikan apa yang dilakukan Coutinho usai mencetak gol ketiga Barca. “Aku tidak tahu, aku belum melihatnya,” kata Valverde ketika ditanya tentang gerakan Coutinho tersebut.

Ia juga menegaskan tidak paham pesan dari selebrasi tersebut. “Aku tidak tahu apa artinya, jadi dia harus menjelaskannya. Saya senang dengan gol dan apa yang dia kontribusikan,” tegas eks pelatih Athletic Bilbao tersebut.

Pada laga di Camp Nou Stadium yang berlangsung Rabu, 17 April, Lionel Messi membuka keunggulan tuan rumah di menit ke-16. Mendapat bola di sisi kanan, Messi menggiring bola ke depan kotak penalti sebelum melepaskan tembakan kaki kiri melengkung ke sudut kanan gawang yang tidak bisa dijangkau David De Gea.

Barca yang unggul 1-0 di Old Trafford menggandakan keunggulan di menit ke-20. Lagi-lagi gol dilesakkan Messi. Gol ini sendiri tak lepas dari kesalahan De Gea. Bola tangkapan kiper Spanyol itu lepas dan bergulir masuk ke dalam gawang. Skor 2-0 ini menjadi hasil babak pertama.

Meski sudah unggul agregat 3-0, Barca tak mengendurkan serangan di babak kedua. Saat laga baru dimulai, mereka sudah memberi ancaman serius ketika Messi mendapat bola di dalam kotak penalti. Beruntung bagi MU, tembakan Messi masih bisa diblok Ashley Young dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Setelah melewatkan sejumlah kesempatan, Barca akhirnya mendapatkan gol ketiganya di menit ke-61. Mendapat bola dari Jordi Alba di luar kotak penalti, gelandang asal Brasil, Philippe Coutinho melepaskan tendangan kaki kanan yang tidak mampu dijangkau De Gea.

Tertinggal 0-3, MU memasukkan Diogo Dalot serta Romelu Lukaku untuk menggantikan Anthony Martial dan Marcus Rashford. Sebaliknya, Barca yang sudah unggul agregat 4-0 melakukan penyegaran pemain dengan memasukkan Nelson Semedo dan Arturo Vidal menggantikan Sergi Roberto serta Arthur.

MU mendapatkan peluang terbaik pertamanya di babak kedua saat laga memasuki menit ke-78. Sayangnya, tendangan keras Jesse Lingard masih melayang tipis di atas mistar gawang. Setelah itu, Lingard langsung ditarik keluar digantikan Alexis Sanchez.

Meski sudah melakukan tiga perubahan, tidak ada peluang berarti yang bisa diciptakan MU. Kans terbaik mereka hanya datang di menit akhir melalui sundulan jarak dekat Sanchez yang bisa ditepis Marc Andre ter Stegen. Skor 3-0 pun menjadi hasil akhir dan Barca lolos dengan agregat 4-0. (Marca/amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *