Terbongkar, Trump Tak Mau Palestina Merdeka

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, WASHINGTON–Gembar-gembor Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengenai solusi permanen konflik Israel – Palestina ternyata palsu. Kesepakatan yang dirancang menantu Trump, Jared Kushner itu hanya menguntungkan Israel.

Menurut Washington Post, kesepakatan yang diklaim terbaik dalam satu abad tersebut punya satu celah sangat besar. Tidak ada tawaran menjadikan Palestina negara yang berdaulat.

Baca Juga: Berkicau Soal Katedral Notre Dame, Trump Dituding Sok Tahu

Menurut sumber tepercaya, Kushner lebih menekankan sisi ekonomi dalam kesepakatan tersebut. Dia terus menjanjikan bahwa ekonomi warga Palestina akan membaik saat menjelaskan proposalnya kepada negara wilayah Arab dan Eropa. Sementara itu, Palestina hanya diberi status sebagai kekuatan otonomi, bukannya negara.

Baca Juga: Akui Golan Milik Israel, Rusia: Trump Dorong Ketegangan

”Yang ingin kami tuju adalah solusi adil dan nyata yang bisa membuat semua orang hidup lebih baik. Semua orang bisa punya kesempatan yang sama dan bebas beragama,” ujarnya kepada Sky News Februari lalu.

Negara-negara Arab dan Eropa tak setuju dengan usul AS. Bahkan, menurut The Guardian, salah seorang petinggi Uni Eropa sudah mengedarkan surat agar semua anggota tetap mendukung solusi dua negara. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...