Atasi 5 Penyakit Ini dengan Daun Singkong

Kamis, 18 April 2019 - 07:54 WIB

FAJAR.CO.ID–Singkong adalah tanaman yang memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi. Singkong sering dijadikan karbohidrat alternatif diversifikasi pangan pengganti nasi. Tak hanya akarnya yang bisa dimakan, daun singkong juga punya khasiat untuk kesehatan.

Daun singkong mengandung vitamin, protein, mineral dan asam amino esensial. Protein yang ditemukan dalam daun singkong membentuk sel-sel tubuh dan penyusun sistem enzim. Ketersediaan asam amino membantu memodifikasi energi menjadi karbohidrat.

Baca Juga: 8 Manfaat Makan Pisang yang Jarang Diketahui

Asam amino membantu memulihkan luka kulit, daya ingat yang baik, kesehatan tulang, dan sistem metabolisme tubuh. Klorofil yang ditemukan dalam daun memberikan sifat antikanker dan antioksidan.

Selain itu, glikemik Indeks atau kadar gula singkong lebih rendah daripada beras. Ini memberikan efek kenyang. Dengan ragam kandungan mineral yang ada, daun singkong dipercaya bisa mengobati berbagai gangguan pada tubuh. Seperti dilansir dari Health Benefits Times, Kamis (18/4), ada lima manfaat yang bisa diambil dari daun singkong untuk mengobati penyakit.

Obat Demam

Tiga lembar daun singkong harus ditumbuk halus. Maka bisa membantu meredakan demam dan sakit kepala. Dengan metode lain, tambahkan batang dan 400 gram daun singkong dan satu liter air. Ini harus dipanaskan direbus sampai air berkurang lalu minum.

Obat Diare

Rebus 7 daun singkong dalam 4 gelas air sampai 2 gelas tersisa. Minuman ini harus diminum dua kali sehari untuk menyembuhkan diare. Cara lainnya, 10 daun singkong yang baru dipetik harus dibuat pasta dengan cara ditumbuk. Kemudian seduh dengan air panas dan diamkan semalam. Cairan ini harus diminum dengan menyaring daunnya di pagi hari.

Obat Arthritis

Rebus 100 gram batang dan daun singkong, 15 gram jahe, dan serai batang dengan 1000 cc air hingga tersisa 400cc. Minuman ini harus diminum dengan cara menyaringnya dua kali sehari di pagi dan sore hari.

Obat Cacing

Rebus daun singkong dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dapat membantu untuk menghancurkan cacing di perut dan menjaga kesehatan tubuh. Percobaan dilakukan pada kambing muda yang konsumsi daun singkong membantu mengurangi serangan nematodik. Untuk menghilangkan masalah ini, suplemen singkong atau pasta daun singkong bisa dikonsumsi.

Obat Rematik

Tak hanya akarnya yang bisa dimakan, daun singkong juga punya khasiat untuk kesehatan. Daun singkong mengandung vitamin, protein, mineral dan asam amino esensial.

Baca Juga: Minum Jus Daun Pepaya, Ini 6 Manfaatnya

Daun singkong memiliki magnesium yang tinggi yang menurunkan tingkat tekanan darah dan menghilangkan risiko penyakit rematik. Itu bisa dilakukan dengan merebus 150 gram daun singkong, 15 gram akar jahe, beberapa serai dan garam. Konsumsi minuman ini untuk mencegah penyakit rematik. (jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.