Bus Keluar Jalan, 29 Orang Tewas

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Setidaknya 29 orang tewas setelah bus yang membawa turis Jerman keluar dari jalan dan jatuh, terbalik di Pulau Madeira di Portugal. Dilansir dari BBC pada Kamis (18/4), kecelakaan terjadi pada pukul 18.30 waktu setempat,

Pengemudi bus kehilangan kendali atas bus di persimpangan dan keluar jalan. “Saya tidak bisa berkata-kata untuk menggambarkan apa yang terjadi. Saya tidak bisa menghadapi penderitaan orang-orang ini,” kata Wali Kota Filipe Sousa kepada penyiar SIC TV.

Sousa mengatakan, semua turis di dalam bus itu orang Jerman, tetapi beberapa warga lokal bisa jadi korban. Sebelas dari yang tewas adalah pria dan 17 wanita. Bus dilaporkan membawa 55 penumpang, pengemudi, dan pemandu wisata.

Wakil Presiden Pemerintah Daerah Madeira Pedro Calado mengatakan, bus itu memenuhi standar keselamatan. Oleh karena itu, terlalu dini untuk membicarakan motif yang menyebabkan kecelakaan itu. Lokasi kecelakaan telah ditutup dan korban yang terluka dipindahkan ke rumah sakit di ibu kota Pulau Madeira tersebut.

Presiden Portugis Marcelo Rebelo De Sousa terbang ke pulau itu untuk mengunjungi tempat kejadian. Menurut Reuters, Perdana Menteri Antonio Costa telah mengirim pesan belasungkawa kepada Kanselir Jerman Angela Merkel.

Juru Bicara Pemerintah Jerman Steffen Seibert menuliskan lewat Twitter-nya, “Kesedihan mendalam kami bagi semua orang yang kehilangan nyawa mereka dalam kecelakaan bus, duka kami bersama yang terluka”.

Di Madeira pernah terjadi kecelakaan bus fatal lainnya pada 2005 ketika lima turis Italia meninggal di São Vicente, di pantai utara. (jpc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...