Jokowi Unggul di Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania

Kamis, 18 April 2019 - 06:58 WIB
Hasil perolehan suara melalui TPS dan Pos WNI yang tinggal di Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania dilangsungkan pada hari Rabu (17/4).

FAJAR.CO.ID, LONDON – Hasil perolehan suara melalui TPS dan Pos WNI yang tinggal di Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania dilangsungkan pada hari Rabu (17/4) bersama-sama dengan penghitungan di Indonesia tercatat 58 suara untuk pemilihan Presiden RI, dengan rincian paslon 01 mendapat sebanyak 49 suara dan Paslon 02 hanya sembilan suara.

Penghitungan suara di TPSLN Sofia yang mencakup WNI yang tinggal di Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania secara resmi dibuka pukul 8.00 pagi sesuai instruksi KPU, dan dimulai dihitung bersama-sama disaksikan masyarakat dan diaspora Indonesia di Bulgaria mulai pukul 9.30.

Sekretaris pertama Pensosbud KBRI Sofia, Nurul Sofia, Rabu (17/4) mengatakan acara penghitungan suara juga disiarkan secara live di facebook KBRI dan PPLN Sofia untuk menjamin transparansi.

Sementara itu untuk DPR RI, terdapat total 48 surat suara sah dan lima surat suara dari metode POS yang dinyatakan tidak sah. Rincian perolehan suara adalah sebagai berikut PDIP mendapat 19, Nasdem 10 suara dan PSI enam suara, PKS empat suara dan Gerindra dan PPP masing-masing dua suara sementara Garuda, PAN, Demokrat, PBB dan Golkar masing-masing satu suara.

Secara umum kegiatan penghitungan berlangsung dengan lancar, aman dan tertib. Masyarakat pun antusias hadir dan menikmati hidangan nusantara seperti udang saus padang, daging kalio, tempe bacem, dan soto tahu setelah acara penghitungan.

Putera, diaspora eks mahid tahun 1960an yang sudah bertahun-tahun tinggal di Bulgaria turut senang bisa melihat langsung penghitungan suara pemilu sebagai bagian dari kecintaannya terhadap Indonesia.

Ketua PPLN Sofia, Zaenal Mutakin, menyampaikan apresiasinya atas partisipasi warga yang tinggi dalam pemilu serta terima kasihnya atas dukungan berbagai pihak sehingga acara penghitungan berjalan dengan lancar.

Dubes Indonesia di Sofia, Sri Astari Rasjid, menyatakan puas dengan proses perhitungan suara di KBRI Sofia yang baru saja usai dalam suasana penuh keakraban, aman, lancar dan sukses.

Hal ini berkat keseriusan dan ketelitian kerja team PPLN serta dukungan segenap staff dn keluarga KBRI Sofia dalam melaksanakan pesta demokrasi bersama.

(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.