Kelelahan, Waspadalah 5 Penyakit Ini

FAJAR.CO.ID-- Pemilu kemarin juga menyisakan duka bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Dua anggotanya dilaporkan meninggal dunia. Apa kira-kira penyebab kematiannya, apakah karena kelelahan atau tekanan pekerjaan?

Dua anggota KPPS yang dilaporkan meninggal dunia pada hari pemungutan suara adalah ketua KPPS di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, dan ketua KPPS di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Sebetulnya penyebab kedua petugas KPPS meninggal dunia tersebut tidak diketahui. Namun menurut sejumlah informasi yang dilansir beragam media, mereka dikatakan mengalami kelelahan, sehingga fisik menjadi drop. Dan kondisi ini menjadi semakin fatal jika orang tersebut sudah memiliki penyakit sebelumnya.

Ancaman kelelahan memang sering terjadi pada orang yang memiliki aktivitas yang intens. Tahukah Anda bahwa kelelahan dan tekanan psikis dapat memicu berbagai gangguan kesehatan? Mulai dari gangguan kesehatan ringan sampai penyakit yang dapat mengancam nyawa. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa timbul akibat kelelahan.

Penyakit jantung Saat ini, penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan penyebab kematian nomor satu. Penyakit jantung bisa datang bagai petir di siang bolong, karena dapat menyerang secara mendadak tanpa tanda yang khas sebelumnya.

Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang terjadi akibat sumbatan pembuluh darah jantung oleh plak aterosklerosis. Plak ini dapat tumbuh akibat berbagai faktor risiko, seperti adanya diabetes, tekanan darah tinggi, dan gangguan kolesterol. Stres psikis juga dapat mempercepat terjadinya plak ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...